Hari Ketiga Evakuasi Korban Lion Air JT-610, Basarnas Kirim 56 Kantong Jenazah ke RS Polri Posko DVI Polri untuk korban Lion Air JT-610 di RS Polri Kramat Jati (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Tim SAR gabungan masih terus melakukan pencarian korban dan bangkai pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Karawang. Hingga hari ketiga pukul 21.30 WIB, tim gabungan telah berhasil mengirimkan 56 kantong jenazah ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Hasil operasi sampai saat ini kami sampaikan ke media, telah berhasil ditemukan 56 kantong jenazah yang sudah diserahkan di DVI Polri," ujar Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas, Mayor Jenderal TNI Nugroho Budi Wiryanto di kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (31/10).

Pada pencarian hari ini, lanjut Nugroho, tim gabungan fokus pencarian pada radius 15 mil laut atau setara dengan 27,78 kilometer.

"Penyelaman diprioritaskan di 5 titik dari area yang sudah diperhitungkan yang hari ini diperluas sampai 15 nautical mile (NM) tapi sudah dilakukan prioritas penyelaman pada titik titik yang telah diduga dan telah diperkirakan," tuturnya.

Evakuasi Lion Air JT-610
Proses evakuasi serpihan dan korban pesawat Lion Air JT-610 (Twitter Basarnas)

Kemudian, di permukaan laut tim gabungan mengerahkan sebanyak 44 kapal dari berbagai instansi untuk mencari bangkai pesawat dan korban yang dibawa ke daratan.

Nugroho menuturkan, warga sekitar perairan Karawang membantu pencarian evakuasi dengan megerahkan tiga buah kapal.

"Di permukaan ada 44 kapal yang yang terdiri dark kapal negara Basarnas, Kemenhub, TNI AL, Polair, KPLP, dan juga Sub air. Tiga kapal dari masyarakat setempat," jelasnya.

Tim juga turut memantau perkembangan evakuasi dari udara dengan menggunakan enam helikopter dan pencarian di dalam air dengan empat kapal laut.

"Pencarian dari udara menggunakan enam helikopter, pencarian di dalam laut mengerahkan KRI Rigel yang dilengkapi peralatan Side Scan Sonar dan ROV, RB 206 Bandung yang dilengkapi dgn side scan sonar, Kapal Baruna Jaya, dan Kapal Dominos," pungkasnya.(Asp)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Soroti RUU Pesantren, PSI: Tolong Revisi Pasal Soal Sekolah Minggu

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH