Hari Jantung Sedunia, Berikut Makanan Wajib untuk Jantung yang Sehat Berbagai makanan yang wajib dikonsumsi untuk pelihara kesehatan jantung. (Pexels/@Elle Hughes)

SETIAP tanggal 29 September, seluruh masyarakat memperingati Hari Jantung Sedunia. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait penyakit kardiovaskular dan tindakan pencegahannya.

Melansir data dari laman Kemenkes, pada tahun 2019 saja sebanyak 26,4 persen kematian di seluruh Indonesia disebabkan oleh penyakit kardiovaskular.

Lebih lanjut, penyakit jantung menyumbang hampir sepertiga dari semua kematian di seluruh dunia, demikian yang dilaporan laman Healthline.

Baca juga:

Perangi COVID-19 Pada Pengidap Jantung, Halodoc Beri Layanan Konsultasi Gratis

Kesehatan jantung tidak terlepas dari pola hidup dan makanan yang sehat. Maka dari itu untuk memperingati hari istimewa ini, yuk kita simak beberapa makanan yang perlu dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan jantung.

1. Sayuran hijau

Hari Jantung Sedunia, Berikut Makanan Wajib untuk Jantung yang Sehat
Sayuran hijau kaya akan vitamin K yang akan melindungi arteri jantung. (Foto: Pexels/@Jacqueline Howell)

Sayuran seperti bayam, kale, dan sejenisnya kaya akan vitamin, mineral, serta antioksidan. Secara khusus, sayur mayur tersebut adalah sumber vitamin K yang membantu melindungi arteri dan meningkatkan pembekuan darah.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa sayuran hijau terbukti dapat mengurangi tekanan darah, kekakuan arteri, dan bahkan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

Semakin banyak mengonsumsi sayuran hijau, maka semakin kecil pula kemungkinan untuk terkena penyakit jantung. Jadi enggak ada alasan lagi ya untuk tidak menyertakan sayuran dalam menu makananmu sehari-hari.

2. Kelompok buah beri

Hari Jantung Sedunia, Berikut Makanan Wajib untuk Jantung yang Sehat
Berbagai jenis beri miliki segudang nutrisi yang melindungi tubuh dari peradangan. (Foto: Pexels/@Public Domain Pictures)

Selain menyegarkan dan enak, buah-buahan seperti stroberi, bluberi, blackberry, dan raspberi punya segudang nutrisi. Beri juga kaya akan antioksidan seperti anthocyanins yang melindungi tubuh dari stres oksidatif dan peradangan yang berkontribusi pada berbagai masalah jantung.

Analisis dari 22 penelitian menunjukkan bahwa memakan buah beri bisa mengurangi kolestrol jahat, tekanan darah sistolik, indeks massa tubuh, serta peradangan. Selain baik buat jantung, buah beri juga bisa jadi cemilan sehat karena rendah kalori.

3. Ikan dan minyak ikan

Hari Jantung Sedunia, Berikut Makanan Wajib untuk Jantung yang Sehat
Ikan-ikan seperti salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bisa menurunkan kolestrol jika dikonsumsi secara rutin. (Foto: Pexels/@Valeria Boltneva)

Ikan-ikan seperti salmon, makarel, sarden, dan tuna penuh dengan asam lemak omega-3 yang punya banyak manfaat untung jantungmu.

Dalam sebuah penelitian pada 324 orang yang menyantap salmon tiga kali seminggu selama delapan minggu secara signifikan ternyata membuat tekanan darah mereka berangsur turun. Mengonsumsi ikan dalam jangka panjang juga menurunkan kolestrol, trigliserida darah, serta gula darah.

Namun kalau kamu bukan si pencinta ikan, pilihan lainnya adalah dengan meminum suplemen minyak ikan. Tujuannya agar kebutuhan asam lemak omega-3 tetap dapat terpenuhi.

4. Bawang Putih

Hari Jantung Sedunia, Berikut Makanan Wajib untuk Jantung yang Sehat
Kandungan acilin di dalam bawang putih berikan berbagai manfaat untuk tubuh dan jantung. (Foto: Pexels/@Buenosia Carol)

Selama berabad-abad, bumbu dapur satu ini selalu digunakan jadi obat alami untuk obati berbagai penyakit, termasuk jantung.

Beberapa tahun terakhir, para peneliti telah mengonfirmasi bahwa bawang putih sangat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Berkat adanya komposisi alicin yang terkandung di dalamnya membuat bawang putih dipercaya punya berbagai efek positif untuk tubuh.

Namun pastikan mengonsumsinya secara mentah atau menghancurkannya terlebih dulu dan diamkan beberapa menit sebelum dimasak. Tujuanya untuk memaksimalkan acilin agar bisa mendapatkan manfaat sepenuhnya.

Baca juga:

Stretching Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung?

5. Cokelat hitam

Hari Jantung Sedunia, Berikut Makanan Wajib untuk Jantung yang Sehat
Orang yang makan dark chocolate memiliki risiko penyakit jantung koroner 57 persen lebih rendah. (Foto: Pexels/@Pixabay)

Daripada nyemil cokelat susu yang penuh gula, kamu mungkin perlu menggantinya dengan cokelat hitam. Pasalnya cokelat hitam ini kaya antioksidan seperti flavonoids yang punya efek baik untuk jantung.

Menurut penelitian, mereka yang makan cokelat setidaknya lima kali dalam seminggu memiliki risiko penyakit jantung koroner 57 persen lebih rendah daripada orang yang tidak memakannya.

Studi lain menemukan bahwa makan cokelat hitam minimal dua kali seminggu menurunkan risiko 32 persen lebih rendah terkena plak kalsifikasi pada arteri jantung. Selain enak, cokelat hitam jelas jadi pilihan cemilan yang tepat untuk kamu yang ingin menjaga jantung.

6. Alpukat

Hari Jantung Sedunia, Berikut Makanan Wajib untuk Jantung yang Sehat
Alpukat bantu penuhi kebutuhan potasium harian tubuh. (Foto: Pexels/@ready made)

Buah yang satu ini sangat bermanfaat buat jantung. Tapi bukan berarti dikonsumsi dengan cara dijus kemudian dikasih susu kental manis ya. Alpukat yang dimakan langsung jadi sumber lemak tak jenuh yang menyehatkan karena bisa menurunkan kolekstrol.

Selain itu alpukat mempunyai banyak potasium, nutrisi yang sangat penting untuk organ jantung. Bahkan satu buah alpukat saja bisa mengandung 975 mg potasium.

Dengan mendapatkan 4,7 gram potasium dalam sehari kamu bisa mengurangi tekanan darah sehingga akhirnya bisa menurunkan risiko terkena struk sampai 15 persen.

7. Kacang-kacangan

Hari Jantung Sedunia, Berikut Makanan Wajib untuk Jantung yang Sehat
Vitamin dan mineral yang terkandung dalam kacang-kacangan akan bantu turunkan kolestrol jahat. (Foto: Pexels/@Marta Branco)

Kacang polong, kenari, almond, edamame adalah salah satu dari jenis kacang-kacangan yang wajib dikonsumsi untuk memastikan punya jantung sehat.

Kacang-kacangan ini punya berbagai vitamin, mineral yang sangat baik dalam menurunkan kolestrol. Dengan mengonsumsinya kamu bisa menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh dan pastinya mengurangi risiko serangan jantung.

Jadi tunggu apalagi? Pastikan siapkan makanan di atas untuk jadi makananmu sehari-hari ya. Karena makanan yang sehat pasti akan membawa efek yang baik pula buat kesehatan jantung dan tubuhmu. (sam)

Baca juga:

Krisis Iklim Pengaruhi Kesehatan Jantung Janin

Kredit : samantha_samsuddin


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH