Hari Ini Terjadi Gerhana Matahari Total, Bisa Disaksikan di Belahan Selatan

Thomas KukuhThomas Kukuh - Sabtu, 04 Desember 2021
Hari Ini Terjadi Gerhana Matahari Total, Bisa Disaksikan di Belahan Selatan
Gerhana Matahari Total (Sumber: Pixabay/Buddy_Nath)

MerahPutih.com - Gerhana matahari total terjadi di pengujung tahun 2021. Fenomena yang bisa disaksikan langsung oleh orang-orang di belahan bumi selatan itu terjadi 4 Desember 2021.

Gerhana matahari terjadi ketika bulan bergerak di antara matahari dan bumi. Peristiwa itu menimbulkan bayangan di bumi sepenuhnya atau sebagian. Peristiwa ini tak bisa dinikmati masyarakat Indonesia karena hanya bisa dinikmati di daerah Antartika.

Mengutip LAPAN, Gerhana Matahari Total akan terlihat sejak pukul 07.03-08.04 universal time, wilayah Antartika yang terkena umbra bulan, dengan total durasi antara 90-116 detik. “Lebar umbra bulan di permukaan bumi bervariasi, antara 421-450 km,” tulis Lapan di situs resminya.

Sedangkan wilayah yang terkena penumbra bulan seperti Republik Afrika Selatan, Namibia, Australia bagian selatan (Victoria, sebagian New South Wales, Teritori Ibukota Australia dan Tasmania) akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian dengan lebar gerhana kurang dari 10 persen diameter matahari.

Sedangkan, Kepulauan Malvinas dan Tierra del Fuego akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian dengan lebar gerhana antara 10-40 persen diameter matahari.

Untuk Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan mengalami gerhana matahari sebagian dengan lebar gerhana antara 93-97 persenn diameter matahari.

Gerhana Matahari Total kali ini merupakan gerhana ke-13 dari 70 gerhana dalam Seri Saros ke-152. Gerhana matahari total di Antartika ini dalam Seri Saros sebelumnya pernah terjadi pada 23 November 2003 dan kembali terjadi pada 15 Desember 2039 dan 26 Desember 2057. (*)

#Gerhana Matahari
Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan