Hari Ini Sistem 2-1 di Jalur Puncak Mulai di Uji Coba, Catat Jadwalnya!

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 27 Oktober 2019
Hari Ini Sistem 2-1 di Jalur Puncak Mulai di Uji Coba, Catat Jadwalnya!
Ilustrasi kendaraan memadati ruas jalur Puncak Bogor, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

Merahputih.com - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bersama Pemerintah Kabupaten Bogor dan Polres Bogor melakukan uji coba sistem 2-1 di jalur Puncak Kabupaten Bogor mulai Minggu (27/10) sebagai alternatif dari sistem buka-tutup yang telah diberlakukan selama ini.

Uji coba sistem 2-1 di jalur puncak Kabupaten Bogor ini akan diberlakukan mulai dari simpang Gadog di Ciawi hingga ke simpang Taman Safari di Cisarua, pada 27 Oktober hingga 3 November 2019.

Baca Juga

Kemen PUPR Didesak Lanjutkan Proyek Pembangunan Jalur Puncak II

"Diberlakukan uji coba sistem 2-1 ini merupakan salah satu langkah penguraian kemacetan di jalur wisata kawasan Puncak Bogor. Jalan raya dari simpang Gadog hingga simpang Taman Safari akan diberlakukan tiga lajur," ujar Kepala BPTJ, Bambang Prihartono dalam keterangannya, Sabtu (26/10).

Diberlakukannya uji coba sistem 2-1 ini setelah melalui sejumlah tahapan proses seperti observasi, kajian, perumusan, dan koordinasi yang melibatkan sejumlah instansi terkait, termasuk melibatkan swasta dan masyarakat.

Ilustrasi: Antrean sejumlah kendaraan di jalur keluar tol Gadog, Ciawi, Jawa Barat, Jumat (29/12). (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

Bambang menjelaskan, sistem 2-1 merupakan kebijakan rekayasa lalu lintas yang dirumuskan guna mencari alternatif jangka pendek penataan arus lalu lintas di jalur Puncak Kabupaten Bogor, dengan memberi ruang aksesibilitas dua arah di jalur Puncak pada akhir pekan dan musim liburan.

Dengan diberlakukan uji coba sistem 2-1, kata dia, diharapkan dapat memberikan keleluasaan aktifitas dan mobilitas masyarakat setempat yang selama ini terhambat karena sistem rekayasa buka-tutup.

Baca Juga

Sejenak Segarkan Diri di Masjid Attaawun Puncak

Penerapan uji coba sistem 2-1 ini akan diberlakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

1. Pukul 03:00-12:30 WIB

Kendaraan dari simpang Gadog menuju ke simpang Taman Safari menggunakan lajur satu dan dua, sementara dari simpang Taman Safari menuju ke simpang Gadog menggunakan jalur tiga.

2. Pukul 12:30-14:00 WIB

Kendaraan dari simpang Gadog menuju ke simpang Taman Safari menggunakan lajur satu, sedangkan lajur dua ditutup. Kendaraan dari simpang Taman Safari menuju ke simpang Gadog menggunakan lajur tiga.

3. Pukul 14:00-20:00 WIB

Kendaraan dari simpang Gadog menuju ke simpang Taman Safari menggunakan lajur satu, sedangkan dari simpang Taman Safari menuju ke simpang Gadog menggunakan lajur dua dan tiga.

4. Pukul 20:00-03:00 WIB:arus lalu lintas diberlakukan normal dua arah. (*)

#Jalur Puncak
Bagikan
Bagikan