Hari ini Puncak Arus Balik Penumpang di Bandara Adisutjipto

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 02 Januari 2018
Hari ini Puncak Arus Balik Penumpang di Bandara Adisutjipto
Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, Selasa (2/1). (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Puncak arus balik liburan Natal dan Tahun Baru dengan menggunakan jalur udara diperkirakan terjadi hari ini, Selasa (2/1). Pengelola Bandara Adisutjipto mengimbau penumpang untuk datang dua jam sebelum keberangkatan agar tidak tertinggal pesawat.

Manager Legal dan Communication Bandara Adisutjipto, Angkasa Pura 1, Liza Anindya mengatakan kepadatan penumpang sudah nampak sejak pagi hari pukul 05.00 wib.

"Memang sudah kami prediksi kepadatan akan terjadi pada penerbangan pertama," kata Liza ketika dihubungi, Selasa (2/1).

Kepadatan diperkirakan kembali akan terjadi sore menjelang malam .Untuk mengantisipasi hal ini,maskapai penerbangan telah menyiapkan satu pesawat tambahan (extra flight) untuk melayani wisatawan yang hendak kembali ke daerah asal.

"Hari ini ada satu pesawat extra flight dari Garuda Indonesia dengan rute Yogyakarta-Soekarno Hatta, Jakarta. Jam keberangkatan pukul 11.02," katanya.

Total sepanjang masa angkutan liburan Nataru 2017 terdapat tujuh maskapai yang menyiapkan pesawat tambahan. Sebagian besar penerbangan tambahan ini menuju Jakarta dan Makassar.

Pihak Bandara Adisutjipto mengerahkan petugas tambahan untuk membantu mengatur kelancaran lalu lintas.

Data Posko Terpadu Monitoring Angkutan Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru 2018 mencatat pada 1 Januari 2018 ada 11.478 penumpang domestik yang tiba dan 12.775 penumpang yang terbang di bandara Adisutjipto.

Sementara untuk penumpang asing ada 690 orang yang tiba dan 770 penumpang yang terbang di kota budaya ini. (*)

Berita ini berdasarkan laporan Teresa Ika, kontributor Merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga ulasan menarik lainnya dari Ika di sini: Sederet Acara Menarik Tahun Tahun Baruan di Yogyakarta

#Libur Panjang #Liburan Natal
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan