Hari Ini, Polisi Gelar Operasi Patuh Lalu Lintas Polisi mengamankan arus lalu lintas. (Foto: TMC Polda Metro Jaya).

MerahPutih.com - Ditlantas Polda Metro Jaya mulai Senin (20/7) menggelar Operasi Patuh untuk menindak pengendara yang melanggar aturan di jalan raya dengan sanksi tilang.

Operasi Patuh akan digelar selama 14 hari ke depan untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas yang kian meningkat di wilayah hukum Polda Metro Jaya belakangan ini.

“Operasi ini digelar guna memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi pengguna jalan,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Minggu (19/7).

Nantinya, ribuan personel yang tergabung dalam beberapa satuan kerja siap menindak para pengguna jalan raya yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Baca Juga:

Puluhan Prajurit TNI-AD BKO di Papua Positif COVID 19

"Jika tidak mau ditilang, kami minta seluruh masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor untuk melengkapi kelengkapan berkendara dan selalu tertib dalam berlalu lintas," kata Sambodo.

Menurut Sambodo, fokus utama penindakan adalah 15 pelanggaran yang menjadi rawan kecelakaan. Pihaknya sudah melakukan pemetaan kawasan rawan pelanggaran.

“Ribuan personel sudah siap ditempatkan di sejumlah wilayah yang rawan kecelakaan,” ujarnya.

Menurut Sambodo, pasca-penerapan PSBB di Jakarta terjadi peningkatan pelanggaran lalu lintas.

Atas dasar itu, pihaknya kembali akan melakukan penilangan bagi mereka yang nantinya kedapatan melanggar.

“Selama pemberlakuan PSBB memang harus diakui, tingkat kepatuhan para pengendara kendaraan bermotor menurun sehingga banyak terjadi pelanggaran,” ujarnya.

Hasil pemantau dari layar monitor para pengendara banyak melakukan pelanggaran, di antaranya yang paling banyak melawan arus, tidak menggunakan helm.

Selain itu pemandangan berkendaràan di trotoar kerap dilakukan pengendara sepeda motor hingga menambah kesemrawutan lalu lintas.

Sambodo menambahkan, pihaknya juga sudah melakukan pemetaan di kawasan rawan pelanggaran lalu lintas. Nantinya, para anggota langsung disiagakan ke lokasi tersebut.

“Anggota sudah siap dan kami harap masyarakat juga bisa lebih tertib berlalu lintas bila tidak ingin ditilang,” ucap Sambodo.

pengamanan lalu lintas
Kepolisian pantau arus lalu lintas. (Foto: TMC Polda Metro Jaya)

Sementara terkait dengan Operasi Patuh Jaya, Sambodo menuturkan tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal yakni 23 Juli 2020.

"Tetap, Operasi Patuh Jaya mulai tanggal 23," tambahnya.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro AKBP Fahri Siregar mengatakan, penindakan itu akan dilakukan sepanjang hari.

Tujuan dari penindakan ini adalah kembali meningkatkan disiplin masyarakat Jakarta dalam berlalu lintas.

“Dasar penindakan tegas ini memang karena pelanggaran sudah meningkat sejak PSBB transisi dilaksanakan,” kata Fahri.

Baca Juga:

Bangun Museum Nabi di Reklamasi Ancol, DKI Jakarta Bantah Mainkan Isu Agama



Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH