Hari Ini Pemerintah Putuskan Hari Lebaran

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 20 April 2023
Hari Ini Pemerintah Putuskan Hari Lebaran
Tim Astronomi dan Ilmu Falak dari MAN 1 Solo melakukan pemantauan hilal (rukyatul hilal) dengan teleskop di laboratorium sekolah setempat, Solo, Jawa Tengah, Kamis (23/4). ANTARA FOTO/Maulana Surya

MerahPutih.com - Kementerian Agama menggelar sidang Isbat penetapan 1 Syawal 1444 Hijriah di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta, hari ini Kamis (20/4) sore.

Sidang isbat digelar secara tertutup dan diikuti Komisi VIII DPR, pimpinan MUI, Duta Besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, dan Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Baca Juga:

Hari Lebaran, TransJakarta Beroperasi Setelah Salat Id

"Sidang isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadan. Tahun ini, bertepatan dengan 20 April 2023," terang Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, di Jakarta.

Sidang isbat akan diawali Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Data hisab, pada hari Kamis, 29 Ramadan 1444H atau 20 April 2023 M, posisi hilal saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berada di atas ufuk.

Yakni dengan ketinggian antara 0° 45' sampai 2° 21,6' dengan sudut elongasi antara 1° 28,2' sampai dengan 3° 5,4'.

Selain itu, Kemenag juga akan melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di berbagai provinsi. Kemenag akan menurunkan tim ke-123 titik lokasi di seluruh Indonesia.

Tim akan melaporkan apakah pada hari itu hilal terlihat atau tidak. Sidang ini akan memutuskan jatuhnya hari raya Idul Fitri atau lebaran. (Knu)

Baca Juga:

Gibran Larang Penjual Makanan dan Jukir Naikkan Harga Saat Lebaran

#Ramadan #Idul Fitri
Bagikan
Bagikan