Hari Ini Parkir Ganjil Genap di Gajah Mada dan Hayam Wuruk Diterapkan Ilustrasi ganjil genap (ANTARA//Aprillio Akbar)

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI menerapkan parkir ganjil genap bagi kendaraan roda empat di kawasan Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat dan Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo mengatakan, sudah ada 10 titik lokasi parkir ganjil genap yang mulai diberlakukan hari ini, Jumat (31/1).

Baca Juga:

Kadishub DKI Sebut Ganjil Genap Lebih Efektif dari Three In One

"Jalan Gajah Mada itu 6 lokasi. Dan Jalan Hayam Wuruk 4 lokasi," kata Syafrin Liputo saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (31/1).

Syafrin menuturkan, pihaknya belum bisa menjelaskan secara rinci skema parkir ganjil genap ini. Termasuk sanksi yang didapatkan para pelanggar, sosialisasi pun belum dilakukan.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo. (Foto: MP/Asropih)
Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo. (Foto: MP/Asropih)

Alasan diterapkannya aturan ini, kata Syafrin, karena Jalan Gajah Mada dan Hayam Wuruk merupakan kawasan parkir on street dan sempat dilakukan penataan dengan melarang kendaraan parkir di sepanjang jalan ini.

"Nah sekarang kita kembalikan lagi fungsi itu, dengan ada penataan model parkirnya. Kita harapkan dengan penataan ini tidak ada lagi parkir yang mengokupansi ruang jalan dan menimbulkan ketidakaturan," jelas Syafrin.

Baca Juga:

Ganjil Genap Kembali Diberlakukan di Jakarta Hari Ini

Syafrin menuturkan, dengan adanya kebijakan tersebut diharapkan dapat mengurangi adanya parkir liar di jalanan.

"Kita harapkan dengan penataan ini tidak ada lagi parkir yang mengokupasi ruang jalan dan menimbulkan ketidakaturan. Jadi begitu kita fasilitasi, kemudian ada pelanggaran otomatis itu kita akan tindak tegas," tutupnya. (Asp)

Baca Juga:

Ganjil Genap Kembali DIberlakukan


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH