Hari Ini, Kemenag Gelar Sidang Penetapan Idul Adha Ilustrasi Kurban. (Foto: Antara).

MerahPutih.com - Kementerian Agama (Kemenag) bakal gelar sidang penetapan (isbat) awal bulan Zulhijah sekaligus menetapkan Hari Puasa Arafah, Hari Idul Adha dan Hari Tasyrik, pada Selasa, 21 Juli 2020.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim mengatakan, Hari Raya Idul Adha dilakukan pada 10 Zulhijah menurut penanggalan Islam. Jika tanggal 1 Zulhijah diketahui, maka hari raya kurban dapat ditentukan sembilan hari setelah itu.

Pelaksanaan sidang isbat merujuk pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 02 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal dan Zulhijah.

Baca Juga:
[HOAKS atau FAKTA] Kumpul Bareng Pria Bersorban, Anies Disebut Makan Bareng Kumpulan Orang Jawa

Kementerian Agama setiap tahun setidaknya menggelar sidang isbat tiga kali dalam satu tahun untuk penetapan hari besar Islam, di antaranya Sidang Isbat Awal Ramadhan, Sidang Isbat 1 Syawal dan Sidang Isbat Awal Zulhijah.

Sidang isbat tersebut memiliki skema yang sama dengan diawali paparan tim hisab dan rukyat terkait posisi bulan baru (hilal) terkini berdasarkan kajian astronomi/ilmu falak.

Ia memaparkan, penanggalan Islam sendiri menggunakan sistem kalender sesuai penghitungan peredaran bulan (qomariyah/lunar).

Ilustrasi Shalat
Ilustrasi Shalat. (Foto: Antara)

"Pergantian tanggal terjadi setelah matahari terbenam atau berbeda dengan kalender Masehi yang pergantian harinya terjadi pada pukul 12 malam waktu setempat," katanya.

Sidang akan dilakukan tertutup yang diikuti unsur pemerintah, DPR, tokoh ormas, tamu undangan dan unsur terkait lainnya. Karena pabdemi COVID-19, Kemenag menyelenggarakan sidang isbat dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga membatasi jumlah peserta sidang dan mengombinasikannya dengan telekonferensi. (ARR)

Baca Juga:

Pulihkan Ekonomi, UMKM Sudah Nikmati Penjaminan Kredit



Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH