Hari Ini Diresmikan, KA Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Solo Balapan Gratis Selama Dua Bulan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Dirut PT KAI Edi Sukmoro di Solo (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan (inspeksi) kesiapan Kereta Api Bandara Solo-Stasiun Solo Balapan, Sabtu (28/12). Pengecekan dilakukan sebelum KA Bandara diresmikan pada hari ini, Minggu, (29/12).

Pantauan merahputih.com, Menhub tiba di Stasiun Solo Balapan pukul 16.30 WIB didampingi sejumlah petinggi PT Kereta Api Indonesia (KAI) diantaranya, Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro.

Baca Juga:

KA Bandara Adi Soemarmo Beroperasi Akhir Tahun, Menhub Tetapkan Tarif Rp10.000-Rp15.000

Rombongan Menghub langsung mencoba naik KA Bandara dari Stasiun Solo Balapan ke Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah.

Menhub Budi Karya Sumadi di Bandara Adi Soemarmo Solo
Menhub Budi Karya Sumadi di Solo (MP/Ismail)

"Saya datang ke Solo untuk melakukan inspeksi KA Bandara dari Solo Balapan ke Stasiun Adi Soemarmo. Sudah siap 100 siap semua. (Minggu) soft opening," ujar Budi kepada awak media termasuk merahputih.com.

Diketahui jadwal keberangkatan KA Bandara ini dari Stasiun Solo Balapan dimulai pukul 04.25 WIB dan terakhir pukul 23.14 WIB. Sedangkan KA dari Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo berangkat pukul 04.53 WIB dan terakhir pukul 23.42 WIB. Adapun waktu tunggu per trip 19 menit. Kecepatan kereta akan berkisar dari 75 km/jam-80 km/jam.

Menurut dia, KA Bandara akan melintas satu jam sekali, baik dari bandara maupun sebaliknya. Selama dua bulan kedepan, KA Bandara akan digratiskan bagi masyarakat.

"Setiap jam nanti ada kereta yang lewat. PT KAI gratiskan (Rp0) tarif KA Bandara selama dua bulan Januari-Februari," kata dia.

Kereta Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Solo Balapan akan gratis selama dua bulan
KA Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Solo Balapan akan gratis selama dua bulan (MP/Ismail)

KA Bandara Solo ini, kata dia, menjadi satu contoh kegiatan intagrated antar moda. Masyarakat dari sekitar Solo, Madiun, Wonogiri dan lainnya bisa mengakses KA Bandara melalui Terminal Tirtonadi Solo.

Baca Juga:

KA Bandara Solo Selesai Dibangun Akan Diresmikan Jokowi Saat Libur Natal

"Ini adalah komitmen dari pemerintah untuk menjadikan Jawa Tengah dengan ikon Borobudur satu Bali baru. Jadi kita itu buat cincin, Semarang, Solo, Jogja, Cirebon keliling dengan kereta api gitu," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Proyek Strategis Stasiun Kereta Bandara Solo Kental dengan Nuansa Jawa



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH