Hari Ibu, Simak Kiat Sukses Jadi Motherpreneur

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 21 Desember 2020
Hari Ibu, Simak Kiat Sukses Jadi Motherpreneur
Webinar bertema "Motherpreneur, Ibu, Inklusi Keuangan dan Inovasi" pada Senin sore (21/12), di Resto Sumber Asli Jakarta. (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Memperingati Hari Ibu yang jatuh pada Selasa (22/12) besok, Bank BRI bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia menggelar webinar bertema "Motherpreneur, Ibu, Inklusi Keuangan dan Inovasi" pada Senin sore (21/12), di Resto Sumber Asli Jakarta.

Diskusi yang menghadirkan narasumber wanita dari berbagai bidang ini membahas peran ibu dalam rumah tangga sekaligus kontribusinya bagi percepatan pertumbuhan ekonomi utamanya dari sektor UMKM.

Komisaris Independen Bank BRI Rofikoh mengatakan, kepiawaian seorang ibu dalam mengatur keuangan rumah tangga amat sejalan dengan kemampuannya menjadi wirausaha.

Baca Juga:

Mahasiswa ITS Bangun V-Eco Sebagai Solusi Pariwisata Era Pandemi

Tak hanya itu, menurut dia, jiwa kreatif dan multitasking membuat para ibu dapat mengerjakan banyak kegiatan dalam satu waktu.

"Ibu-ibu ini luar biasa enggak hanya ngurus rumah saja, bahkan menjalankan usaha juga merencanakan keuangan masa depan semua bisa," ujar Rofikoh.

Pandemi dan Bisnis Para Ibu

Namun, kondisi pandemi COVID-19 menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu untuk dapat mengatur keuangan rumah tangga. Banyak dari para ibu bahkan harus memutar otak agar dapat menghidupi keluarganya.

Salah satunya dilakukan oleh Zora Vidyanata, artis sekaligus influencer. Dia menyatakan, situasi pandemi justru memantiknya untuk menghasilkan karya di Youtube.

"Kondisi hamil dan pandemi membuat saya di rumah saja, akhirnya saya bikin webseries di Youtube meski hasilnya enggak sebanyak biasanya, alhamdulillah," ujar Zora.

Influencer Zora. (Foto: MP/Instagram @zoravidyanata)
Influencer Zora. (Foto: MP/Instagram @zoravidyanata)

Salah satu bisnis para ibu yang juga tetap hidup di kala pandemi ialah sektor UMKM.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti turut mendorong pembinaan UMKM 4.0 secara end to end untuk mendorong digitalisasi UMKM agar penetrasi pasar produk para ibu dapat semakin luas

"BI saat ini tengah mendorong digitalisasi UMKM ya, sebab dari seluruh UMKM di Indonesia yang aktif terakses dengan pemasaran digital baru 16 persen," ungkap Destry dalam diskusi tersebut.

Baca Juga:

Program Biodiesel Bikin Industri Sawit Bisa Bertahan Saat Pandemi

Rahasia Atur Keuangan Para Ibu

Pada kesempatan ini, Direktur Konsumer PT BRI (Persero) Tbk Handayani turut berbagi rahasia sukses atur keuangan untuk para ibu, yakni dengan menggunakan rumus 40:30:20:10.

Handayani menjelaskan, bahwa kunci sukses pengaturan keuangan di masa pandemi ialah menahan agar tidak konsumtif.

Menurutnya, para ibu juga harus menerapkan rumus 40 persen keuangan untuk kebutuhan rumah tangga, 30 persen untuk cicilan atau kewajiban, 20 persen untuk tujuan keuangan dan investasi, dan yang 10 persen lagi untuk dana darurat.

"Tentunya kita harus pintar-pintar ya sebagai ibu, apalagi di situasi pandemi yang membuat orang shock seperti sekarang ini. Kuncinya ialah merencanakan keuangan dengan baik dan disiplin," pungkas Handayani. (Pon)

Baca Juga:

Pandemi COVID-19, Ibadah Perayaan Natal Diminta Sederhana

#Hari Ibu Nasional #Enterpreneur
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan