Hari Buruh, Jalan Sudirman-Thamrin Ditutup

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Sabtu, 01 Mei 2021
 Hari Buruh, Jalan Sudirman-Thamrin Ditutup
Apel pengamanan hari buruh. (Foto: TMC Polda Metro Jaya)

MerahPutih.com - Kepolisian Daerah Metro Jaya menutup Jalan Sudirman hingga Jalan Thamrin, Jakarta Pusat karena adanya kegiatan peringatan Hari Buruh atau May Day.

"Ada penutupan kegiatan alih arus Hari Buruh 01 Mei 2021 jam 08.00 sampai 19.00 WIB," demikian keterangan Polda Metro Jaya melalui akun instagram @TMCPoldaMetroJaya di Jakarta, Sabtu (1/2).

Baca Juga:

Tiga Tuntutan FSPMI di Hari Buruh

Berdasarkan peta lalu lintas yang diunggah Polda Metro Jaya, terdapat sembilan jalan di sekitar kawasan Monas yang akan ditutup. Jalan yang ditutup tersebut di antaranya Jalan Veteran III, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Medan Merdeka Selatan, sekitar Patung Kuda, Jalan Budi Kemuliaan.

Kemudian di Jalan Museum, Jalan Majapahit, Jalan Abdul Muis (berdekatan dengan Jalan Museum) dan Jalan Veteran Raya.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Yusri Yunus mengatakan aksi buruh di Jakarta bertepatan dengan Hari Buruh Sedunia akan digelar di tiga titik.

Tiga titik itu yakni depan Kantor Organiasi Buruh Internasional atau ILO di Jalan MH Thamrin, kawasan Patung Kuda, dan Mahkamah Konstitusi di Jalan Medan Merdeka Barat.

Polda Metro Jaya menyiapkan sebanyak 6.394 personel gabungan dari TNI, Polri dan aparat pemerintah daerah dalam mengamankan peringatan Hari Buruh Sedunia.

Peta penutupan Sudirman-Thamrin. (foto: TMC Polda Metro Jaya)
Peta penutupan Sudirman-Thamrin. (foto: TMC Polda Metro Jaya)

Politisi Partai Gerindra dari Dapil Jabar IV (Kota dan Kabupaten Sukabumi) Heri Gunawan mengharapkan Peringatan Hari Buruh tahun ini dapat berjalan secara hidmat, damai, dan lancar.

"Semoga Peringatan Hari Buruh tahun ini dapat diisi dengan kegiatan-kegiatan positif, kegiatan yang dapat membantu dan mendukung satu sama lain, mengingat pandemi COVID-19 berdampak besar terhadap kondisi buruh," ujar Hergun.

Hergun mengatakan, kesejahteraan buruh berkontribusi dalam mendorong pemulihan ekonomi Indonesia di tengah pandemi. Hampir setengah dari penduduk berusia 15 tahun ke atas merupakan pekerja, baik sebagai pekerja formal maupun informal. Daya beli yang memadai akan menciptakan pasar permintaan dan penawaran sehingga konsumsi meningkat dan perekonomian tetap berjalan.

"Saya berharap teman-teman buruh bisa merayakan May Day dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Selamat Hari Buruh. Semoga seluruh pekerja bisa hidup layak dan sejahtera," pungkas Hergun. (Pon)

Baca Juga

Peringati Hari Buruh, Ketua DPR Singgung Pembahasan Omnibus Law

#Hari Buruh #Buruh #May Day #Polda Metro Jaya
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan