Hari Batik Nasional, Pemkot Solo Keluarkan SE ASN dan Swasta Pakai Baju Batik Selama 5 Hari Peserta event pergelaran busana Solo Batik Fashion (SBF) akan meriahkan Hari Batik Nasional, Senin (28/9). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 003.1/2157 tentang Peringatan Hari Batik Nasional.

Dalam SE tersebut Pemkot Solo mengimbau kepada seluruh pimpinan dan staf instansi pemerintah maupun swasta serta seluruh warga Kota Solo untuk mengenakan baju batik selama lima hari dalam memperingati Hari Batik Nasional.

"Kami mengeluarkan SE tentang peringatan Hari Batik Nasional 2020 pada 2 Oktober 2020. SE tersebut instansi dan masyarakat menggunakan batik selama 5 hari," ujar Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (28/9).

Baca Juga

Solo Batik Fashion 2020 akan Digelar Secara Virtual

Ia juga mengajak pada awak media yang bertugas di Solo untuk mengikuti SE tersebut. Hal itu dilakukan untuk memeriahkan Hari Batik Nasional di Solo. Aturan memakai batik tersebut dimulai tanggal 28 September sampai 2 Oktober.

"Batik adalah warisan budaya dan leluhur bangsa yang memiliki filosofi luar biasa dan diakui UNESCO. Bagi pengrajin membuat batik sangat sulit dan kesabaran dan kreativitas seni," tutur dia.

Rudy mengakui pada hari pertama aturan ini diterapkan masih ada yang salah kostum terutama di kalangan ASN di lingkungan Pemkot Solo. Ia berharap pada penerapan hari kedua pada Selasa besok, semuanya sudah seragam memakai batik semua.

"Karena baru hari (Senin) ini SE saya tandatangani belum banyak yang tahu. Kalau besok (Selasa) saya jamin semua sudah pakai batik semua," papar dia.

Baca Juga

Jumlah Pelanggar Protokol Kesehatan Meningkat di Hari Kedua Kampanye Pilkada

Diketahui, Pemkot untuk memperingati Hari Batik Nasional juga mengadakan event pergelaran busana Solo Batik Fashion (SBF) secara virtual pada 2-3 Oktober 2020 di The Sunan Hotel Solo. Event tahunan ini akan mengandeng sekitar 25 desainer dari sejumlah daerah dengan menampilkan 200-an koleksi busana batik khas Indonesia. (Ismail/Jawa Tengah)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH