Hari Baik Jokowi Lantik Penglima TNI Jenderal Andika Masih Dicari

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Kamis, 11 November 2021
Hari Baik Jokowi Lantik Penglima TNI Jenderal Andika Masih Dicari
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pelantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI bakal digelar pekan depan. Namun, dia belum bisa menentukan hari pastinya

"Pelantikan panglima nanti minggu depan. Harinya baru dicari hari baik. Tapi minggu depan insyaallah," kata Jokowi kepada wartawan setelah menghadiri acara HUT Ke-10 NasDem di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (11/11).

Baca Juga

Di Bawah Komando Jenderal Andika, TNI Diharap Jadi Garda Terdepan Pertahanan Negara

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara Bidang Komunikasi dan Media Faldo Maldini memastikan Presiden Joko Widodo akan melantik Andika Perkasa menjadi Panglima TNI pada November ini. Hingga pelantikan, lanjut dia, jabatan Panglima TNI saat ini masih di tangan Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Sebelum akhir bulan, kita sudah punya Panglima TNI baru," tegas petinggi di instansi Sekretaris Negara itu.

Menurut Faldo, Presiden memang tidak mau terburu-buru melantik Andika Perkasa. Apalagi, lanjut dia, saat ini Setneg belum menerima surat keputusan persetujuan pemilihan Andika sebagai panglima TNI dari DPR RI.

Baca Juga

Cuma Ngobrol Ringan, DPR Pastikan Sahkan Andika Jadi Panglima TNI

"Surat dari DPR juga belum masuk. Kami masih menunggu. Semuanya cukup waktu untuk melakukan upacara serah terima jabatan, sebagaimana tradisi di tubuh TNI," kata Faldo.

KSAD, Jenderal TNI Andika Perkasa memberi salam sebelum mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). ANTARA FOTO
KSAD, Jenderal TNI Andika Perkasa memberi salam sebelum mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). ANTARA FOTO/Ga

Untuk diketahui, KSAD Jenderal Andika Perkasa kini memang tinggal menunggu waktu untuk menjadi panglima TNI. Keputusan tersebut setelah DPR menyatakan bahwa Andika mendapatkan persetujuan dari dalam rapat paripurna yang digelar pada Senin (8/11) siang.

Sebelumnya persetujuan anggota sidang, Ketua Komisi I Meutya Hafid melaporkan hasil uji kelayakan dan kepatutan Jenderal Andika Perkasa yang digelar pada Sabtu, (6/11). DPR juga menyempatkan melakukan kunjungan ke kediaman pada Minggu (7/11) lalu sebelum memutuskan Andika layak menjadi panglima. (Knu)

#Panglima TNI
Bagikan
Bagikan