K-Pop

Harga untuk Sebuah Grup Bernama BTS

Dwi AstariniDwi Astarini - Sabtu, 17 April 2021
Harga untuk Sebuah Grup Bernama BTS
Big Hit Entertainment beinvestasi besar untuk membentuk BTS. (foto: Instagram @bighit_ent)

DALAM perjalanan mencapai puncak popularitas, BTS mulai merangkak dari bawah hingga melejit naik bak feniks. Selain kerja keras para member, kesuksesan mereka juga dikreditkan untuk CEO Big Hit Entertainment, Bang Shi-hyuk. Ia disebut-sebut berinvestasi besar pada septet tersebut. Dalam sebuah wawancara, sang CEO mengungkapkan berapa banyak yang dibutuhkan untuk melatih trainee sepenuhnya di BigHit Entertainment dalam kurun waktu setahun.

Selain itu, terkuak juga biaya yang digelontorkan mencapai 120 juta won (Rp1,6 miliar) untuk melatih seorang calon artis selama setahun. Nilai itu disediakan Shi-hyuk sendiri. Ia mengklaim jumlah itu sebagai biaya rata-rata bagi perusahaan mana pun untuk berinvestasi pada seorang trainee dengan semua pelajaran dan pelatihan yang tepat. Nominal tersebut bisa naik jika perusahaan memutuskan untuk mengirimkan trainee ke luar negeri untuk mendapatkan pengalaman yang mahal seperti pelatihan di negara tertentu.

BACA JUGA:

Lima Kunci BTS Raih Kesuksesan Mendunia

Tidak hanya itu, biasanya juga perusahaan akan menyediakan asrama bagi para trainee. Namun, itu tergantung dari kesediaan perusahaan. Beberapa trainee mungkin akan tetap tinggal bersama keluarga mereka sampai tim debut mereka dikonfirmasi.

BTS

BTS di awal debut mereka.(Foto: Koreaboo)

Setelah tim yang dibentuk debut di waktu tertentu, para member dari tim tersebut akan mulai tinggal bersama di asrama selama satu setengah tahun. Member dari grup baru tersebut tinggal bersama supaya mempermudah mereka selama promo. Dengan demikian, manajer bisa mengatur aktivitas mereka secara efisien.

BTS

Apartemen yang ditempati oleh BTS di awal debut (Foto: Koreaboo)

Selama kurun waktu itu, perusahaan akan membiayai semua kebutuhan rookie (artis yang baru debut). Kebutuhan tersebut meliputi penginapan dan makan.

BTS

BTS di aeal debut tinggal di apartemen sederhana. (Foto: Koreaboo)

Pada beberapa perusahaan, semua pengeluaran trainee dibebankan kepada trainee. Mereka harus membayar kembali setelah debut. Mreka hanya mulai menerima pendapatan setelah utang dilunasi.

BTS
Kini mereka tinggal di apartemen mewah. (foto: Koreaboo)

Untungnya, hal tersebut tidak berlaku di perusahaan seperti Big 3 (SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment) dan Big Hit Entertainment. Perusahaan yang sudah memiliki nama tidak meminta trainee untuk membayarnya kembali setelah debut. Itu berarti artis mereka langsung mendapatkan uang setelah mulai berpromosi.

Namun, jika melihat besarnya pengeluaran perusahaan di awal, itu jadi bukti bahwa memang tidak murah (dan mudah) untuk membuat grup idola.(Avia)

BACA JUGA:

Album Baru The Killers Siap Dirilis

#K-Pop #BTS
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan