Harga Tiket Meroket, Penumpang Bandara Adisutjipto Turun 13 Persen Bandara Adisutjipto Yogyakarta (MP/Teresa Vicka)

MerahPutih.Com - Suasana Bandara Adisutjipto Yogyakarta tak seramai biasanya. Jumlah penumpang di Bandara ini menurun sebanyak 13 persen selama Januari 2019. Selain itu terdapat 1046 pembatalan penerbangan pada bulan yang sama.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto, Agus Pandu Purnama menjelaskan penurunan penumpang disebabkan oleh beberapa faktor seperti harga tiket yang tinggi, pemberlakuan bagasi berbayar dan masa low session.

"Betul ada penurunan (penumpang). Sekarang lagi low session, tiket pesawat sempat tinggi. Jadi berkurang penumpang,"kata Pandu melalui pesan elektronik di Yogyakarta, Senin 25/2).

Selain itu pembukaan jalan tol di beberapa ruas turut menyebabkan penurunan penumpang. Di sisi lain infrastruktur kereta api yang sudah semakin membaik juga berdampak pada jumlah penumpang pesawat terbang.

Suasana penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta
Suasana para penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta (MP/Teresa Vicka)

"Beberapa penerbangan dibatalkan karena sepi penumpang. Malah ada yang penumpangnya enggak ada sama sekali,"ujar dia.

Berdasarkan catatan pengelola Bandara Adisutjipto total jumlah penumpang selama bulan Januari adalah 18000 orang perhari.Sementara di bulan Februari, Pandu belum terlihat adanya peningkatan yang signifikan. Sampai dengan tanggal 25 Februari, total jumlah penumpang adalah 19 ribu orang perhari.

"Ada 237 penerbangan yang dibatalkan. Faktornya sama seperti bulan Januari,"kata dia.

Pandu optimis jumlah penumpang akan naik kembali pada bulan Maret dan April. Apalagi saat ini Pemda DIY bersama Perkumpulan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) DIY tengah mengadakan program promo bertajuk "Jogja Heboh". Dalam program ini, hotel serta sarana transportasi lainnya berlomba-lomba memberikan diskon hingga 60%. Sejumlah atraksi seni,musik dan budaya menarik turut digelar dalam Jogja Heboh.

Jumlah penumpang selama 2018 di bandara Adisutjipto adalah 8.417.089 penumpang. Jumlah ini meningkat sebesar 7,6 persen jika dibandingkan jumlah penumpang di tahun 2017 sebanyak 7.854.201 orang.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Vicka, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Kesepakatan Terkait Wagub DKI Jakarta, Ujian Soliditas Gerindra dan PKS

Kredit : patricia


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH