Harga Solar Turun Nelayan Paling Diuntungkan Aktivitas nelayan (Foto Antara/Ahmad Subaidi)

MerahPutih Bisnis - Penurunan harga solar bakal menguntungkan nelayan. Sementara bagi masyakarat lain tidak terlalu besar pengaruhnya. 

Direktur Departemen Statistik Bank Indonesia (BI) Gantiah Wuryandari mengapresiasi langkah Pemerintah. Sebab dengan menurunkan harga BBM diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

"Dengan adanya penurunan itu, harga barang-barang konsumsi dan turunannya akan ikut turun juga. Nah itu dapat membuat daya konsumsi masyarakt tumbuh," katanya dalam diskusi publik di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (8/10).

Gantiah penurunan harga BBM yang hanya berlaku untuk Solar dirasa hanya tidak dapat memberikan dampak positif yang besar. Sebab penurunan harga BBM hanya berlaku untuk solar. Padahal masyarakat Indonesia mayoritas menggunakan BBM jenis Premium untuk kendaraannya.

"Penurunan harga ini kan hanya berlaku untuk solar sehingga hanya dirasakan besar oleh para nelayan. Karena kalau harga solar turun, maka biaya mereka pun ikut mengalami penurunan," tandasnya.

Seperti diketahui, penurunan harga BBM hanya berlaku untuk solar bersubsidi turun Rp200 per liter menjadi Rp6.700 per liter dari sebelumnya yang mengalami penurunan Rp6.900 per liter. Dimana Penurunan harga solar ini berlaku tiga hari sejak pengumuman itu dibuat. Sedangkan untuk harga BBM jenis Premium relatif sama alias tidak mengalami perubahan yakni Rp7.400 per liter untuk daerah Jawa Madura dan Bali (Jamali) dan Rp7.300 per liter untuk di luar Jamali. (rfd)

Baca Juga:

  1. Empat Langkah Agar Penurunan Harga Solar Bermanfaat untuk Nelayan
  2. Harga Premium Tetap, Harga Solar Turun Jadi Rp6.700 per Liter
  3. DPR RI Dan Pemerintah Sepakat Subsidi Solar Rp1000 per Liter
  4. Harga BBM Melambung, Nelayan Tradisional Menjerit
  5. KNTI: Hambatan Utama Nelayan Masalah Permodalan

 



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH