Harga Setengah Liter Bir di Zona Fans Piala Dunia Qatar Dijual Rp200 ribu

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 17 November 2022
Harga Setengah Liter Bir di Zona Fans Piala Dunia Qatar Dijual Rp200 ribu
Bir di Piala Dunia Qatar dikontrol penuh oleh aturan yang ada. (freepik/master1305)

SETENGAH liter bir dikenakan biaya 50 riyal atau sekitar Rp200 ribu pada zona penggemar utama sepak bola Piala Dunia di Qatar. Demikian menurut sumber yang mengungkap harga penjualan minuman alkohol di turnamen internasional itu kepada Reuters.

Sponsor utama Piala Dunia Budweiser memiliki hak eksklusif untuk menjual bir di pertandingan final dan akan menyajikan produknya di FIFA Fan Fest berkapasitas 40 ribu orang di Al Bidda Park, Doha tengah.

Baca Juga:

6 Hal yang Wajib Disiapkan sebelum Nonton Piala Dunia 2022 di Qatar

paiala dunia
Harga bir sebanding dengan harga bir yang dijual di bar hotel di negara-negara Teluk Arab. (YouTube/Buildr)

Produsen bir itu hanya akan menyajikan minumannya di dalam lingkungan stadion saja batas. Hanya orang dengan tiket yang dapat memasuki lingkungan stadion. Kemudian harga jualnya agak berbeda dengan harga jual di luar tempat itu.

Piala Dunia, yang akan dimulai di Qatar pada hari Minggu (20/11), adalah yang pertama diadakan di negara Muslim dengan kontrol ketat terhadap alkohol. Mengonsumsi alkohol di tempat umum merupakan tindakan ilegal di Qatar.

Harga bir di dalam zona pertandingan sebanding dengan harga bir di hotel yang relatif mahal di negara-negara Teluk Arab. Bir dijual dengan harga sekitar 50 riyal per setengah liter.

Memang ada pembicaraan antara produsen bir dengan penyelenggara pesta olahraga dunia ini. Produsen sudah bernegosiasi dengan FIFA setidaknya sejak tahun 2019. Mereka mengatakan ingin membuat alkohol "dapat diakses" oleh para penggemar sepakbola. Kabarnya Qatar mempertimbangkan untuk menawarkan alkohol dengan harga lebih rendah.

Baca Juga:

Calo Tiket Piala Dunia Qatar Ditangkap, Terancam Denda Rp 1 Miliar

bir
Qatar jadi negara Muslim pertama yang menyelenggarakan perhelatan Piala Dunia. (The Peninsula Qatar)

“Kami menyadari ada masalah dengan harga,” kata Kepala Eksekutif Qatar 2022 Nasser Al Khater pada 2019. Dia tidak menampik bahwa harga setengah liter bir berharga sekitar USD6,50 atau sekitar Rp100 ribu

Penyelenggara Piala Dunia Qatar, Supreme Committee for Delivery & Legacy, tidak mengonfirmasi harga bir yang disajikan di dalam zona penggemar ketika dihubungi Reuters pada hari Selasa (15/11).

Seorang juru bicara mengonfirmasi laporan media bahwa beberapa zona di mana alkohol akan disajikan di luar stadion baru-baru ini dipindahkan ke dalam area perimeter. "Ukuran penuangan tetap sama di delapan stadion Piala Dunia," kata juru bicara produsen bir itu.

Bir non-alkohol juga akan dijual di zona penggemar seharga 30 riyal atau sekitar Rp125 ribu dan minuman ringan seharga 15 riyal atau sekitar Rp62 ribu. Dengan harga tersebut konsumen mendapatkan kenang-kenangan gelas FIFA. (aru)

Baca Juga:

Tiket Laga Messi di Piala Dunia Qatar Paling Laris

#Olahraga #Olah Raga #Piala Dunia #Wisata #Travel
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan