Harga Minyak Mentah Turun US$44 per Barel

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 15 September 2015
Harga Minyak Mentah Turun  US$44 per Barel
ilustrasi Eksplorasi Minyak (Foto capture txprobatelitigation.com)

MerahPutih, Bisnis-Kekhawatiran kelebihan pasokan global meningkat setelah Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) menurunkan proyeksi pertumbuhan permintaan untuk tahun depan. Akibatnya, Harga minyak mentah dunia mengalami penurunan tajam.

Dikutip dari AFP, Selasa (15/9) pagi patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober, turun 63 sen menjadi berakhir di 44,00 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Oktober, patokan global untuk minyak mentah, jatuh menjadi menetap di 46,37 dolar AS per barel di perdagangan London, turun 1,77 dari penutupan Jumat lalu.

Kedua kontrak utama telah jatuh pada Jumat (4/9), menutup kerugian mingguan sekitar tiga persen. Kekhawatiran tentang kelebihan pasokan global, yang telah melebihi permintaan, mendorong harga minyak mentah turun lebih dari setengahnya sejak Juni 2014.

Seperti diketahui, OPEC pada Senin (14/9) lalu, memangkas perkiraan untuk pertumbuhan permintaan minyak global pada 2016 karena pasar-pasar negara berkembang, motor ekonomi dunia dalam beberapa tahun terakhir, berjuang dengan melambatnya pertumbuhan. (Luh)

Baca Juga:

IHSG Dibuka Melemah 16,24 Poin

Rupiah Turun Tajam ke Rp14.363 per Dollar AS

Awal Pekan, Rupiah Ditutup Anjlok Rp14.333 per Dolar AS

#OPEC #Harga Minyak Mentah Anjlok
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan