Harga Minyak Goreng Masih Mahal, Gibran Belum Berniat Lakukan Operasi Pasar

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 22 Januari 2022
Harga Minyak Goreng Masih Mahal, Gibran Belum Berniat Lakukan Operasi Pasar
Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Ketua DPR Puan Maharani melakukan pantauan harga minyak goreng di Pasar Legi Solo, Kamis (20/1). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Harga minyak goreng di Solo, Jawa Tengah, masih di atas HET yang telah ditetapkan pemerintah Rp 14.000 berlaku Rabu (19/1). Harga minyak goreng di Solo Rp 18.000 sampai Rp 20.000.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengakui masih mahalnya harga minyak goreng di sejumlah pasar tradisional di Solo. Hal itu tidak sesuai HET yang telah ditetapkan pemerintah.

Baca Juga

HMI Minta Mendag Tinjau Ulang Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga

"Kita akan cek ke lapangan dulu untuk mencari tahu penyebab masih mahalnya harga minyak goreng di pasar," kata Gibran di Balai Kota, Sabtu (22/1).

Menurutnya, seharusnya harga minyak goreng sudah menyesuaikan HET Rp 14.000 per liter. Meskipun masih mahal, ia belum berniat melakukan operasi pasar.

"Operasi pasar belum. Kita cek dulu nanti agar tahu akar permasalahan apa. Jika masih mahal kita lakukan operasi pasar," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Heru Sunardi tak menampik harga minyak goreng di pasar tradisional masih di atas HET sekitar Rp 19.000-20.000. Sedangkan di pasar modern sudah sesuai HET.

"Saya sudah pantau di pasar modern harga minyak goreng sudah sesuai HET. Kalau pasar tradisional yang masih mahal," kata dia.

Baca Juga

Legislator PKS Sebut Harga Minyak Goreng Rp 14 Ribu Per Liter Beratkan UMKM

Sesuai dengan arahan dari Menteri Perdagangan (Mendag), kata dia, para pedagang pasar tradisional ini masih diberikan kelonggaran waktu hingga tujuh hari untuk menyesuaikan HET. Atau sampai tanggal 25 Januari.

"Jika hingga tujuh hari tersebut masih ada pedagang yang menjual minyak goreng di atas harga yang sudah ditentukan maka akan ada tindakan dari satgas pangan," tegas dia. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Minimarket Keluhkan Warga yang Ajak Keluarga Borong Minyak Goreng

#Minyak Goreng #Gibran Rakabuming #Wali Kota Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan