K-Pop
Harga Fantastis Sebuah Photocard Idola K-Pop Melihat fenomena harga photocard K-pop yang punya harga selangit. (Foto YouTube@Jay Marie)

SELAIN musik, satu hal unik dari industri musik K-pop ialah merchandisenya. Ketika musisi Barat menjual album tanpa banyak embel-embel, idola Korea justru menyertakan banyak pernak-pernik di dalam albumnya. Satu album biasanya akan berisi photobook, postcard, stiker, pembatas buku, serta merchandise lain. Tergantung kreativas setiap agensi. Namun, satu yang paling diburu ialah photocard.

Baru-baru ini, photocard Jungkook BTS terjual dengan harga yang sangat fantastis. Kalau biasanya selembar photocard dihargai Rp100 ribu hingga Rp200 ribu, tidak demikian dengan foto anggota termuda BTS itu. Seperti dilansir AllKpop, seorang reseller baru saja membuka lelang foto FLO Jungkook langka di Twitter.

Dalam potretnya, pria kelahiran 1997 itu terlihat dengan rambut warna biru sambil menunjukkan tanda damai. Setelah beberapa saat, photocard itu terjual seharga 130.000 peso Filipina atau kurang lebih setara dengan Rp39 juta. Harga yang sangat fantastis untuk selembar foto seukuran 10,5cm x 6,5cm.

BACA JUGA:

Park Bom Lakukan Kesalahan Ini, Penggemar Justru Bahagia

Ketika menyelami dunia Twitter, photocard Jungkook memang biasanya dihargai US$200-US$400 (Rp2,9 juta-Rp5,8 juta). Jika photocard-nya langka atau jarang, harganya bisa jauh lebih mahal.

Selain sang maknae, foto personel BTS lain juga disebut-sebut sebagai photocard termahal yang pernah terjual. Mengutip 'Koreaboo', dari 10 foto termahal, tujuh diantaranya ialah BTS. Photocard V dari 'fan meeting' pertama BTS terjual seharga US$839,99 (Rp12,2 juta). Di urutan kedua, masih foto lama V dari Season's Greeting 2014 laku dibeli senilai US$599,99 (Rp8,7 juta). Sementara itu, photocard Jimin dari tahun yang sama dihargai US$590 (Rp8,6 juta).

jungkook BTS
Photocard langka Jungkook dijual seharga Rp39 juta di Twitter. (Foto Twitter@DailyAJBoutique)

Tak hanya BTS, fenomena ini juga terjadi di dalam semua 'fandom'. Sejak dulu, koleksi photocard memang sudah jadi sesuatu yang mendarah daging dalam kelompok penggemar K-pop. Mengumpulkan kartu foto adalah salah satu bagian paling menyenangkan saat membeli album K-Pop.

Meskipun kecil, photocard ibarat harta karun. Sebab biasanya hanya ada satu photocard dalam satu album. Jadi banyak penggemar yang akhirnya rela membeli banyak album demi mendapatkan foto idolanya. Apalagi jika satu grup memiliki banyak personel. Bagi seorang kolektor, tak ada yang lebih mereka inginkan dibanding mengumpulkan semuanya. Jadi dalam upaya melengkapi koleksinya, penggemar berat rela merogoh kocek besar untuk ini.

BTS
Photocard BTS dari tahun 2015 laku dibeli seharga Rp6,7 juta. (Foto Koreaboo)

Saat melihat hal tersebut, banyak penjual yang memanfaatkannya untuk menjual photocard dengan harga selangit. Tak jarang, harga satu lembar photocard bisa lebih mahal dibandingkan harga albumnya. Harga yang ditawarkan juga beragam. Mulai dari ratusan, jutaan, bahkan puluhan juta rupiah.

Ada beberapa faktor untuk menentukan nilai sebuah photocard. Biasanya foto lama dari tahun-tahun awal debut sang idola pasti akan lebih berharga. Mereka juga melihat apakah agensi masih memproduksinya lagi atau tidak. Selain itu, mereka juga akan mempertimbangkan popularitas personelnya. Semakin terkenal, semakin mahal pula harga yang dijual. Jika photocard dibuat dengan bentuk yang unik, seperti menggunakan hologram atau dibuat 'lenticular' misalnya, maka harganya tentu kian mahal. Apalagi jika kartunya disertai dengan tanda tangan asli personel. Dijamin harganya fantastis.

K-pop
Banyak penggemar berat yang rela membayar lebih demi melengkapi koleksi photocardnya. (Foto @itzy_collector)

Bagi orang di luar 'fandom', hal ini tentu cukup aneh. Apa esensi dari mengumpulkan foto yang dicetak di atas sebuah kertas kecil? Namun, tak bisa dimungkiri, photocard K-Pop kini sudah jadi benda koleksi yang berharga, sama halnya seperti kartu mainan maupun 'trading card game'. Maka tidak heran, kalau nilainya menjadi mahal.

Mengumpulkan photocard pada akhirnya menjadi sebuah hobi tersendiri. Ada yang membelinya untuk dijual kembali agar mendapatkan keuntungan. Lainnya melakukannya hanya karena mereka senang dan puas melihat koleksinya bertambah banyak. Apapun alasannya, mengeluarkan banyak uang untuk membeli photocard kembali lagi jadi keputusan masing-masing orang. Jika mereka tak keberatan dan bahagia-bahagia saja, sepertinya itu bukanlah sebuah masalah. (sam)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
4 Drakor Lucu Tanpa Karakter Antagonis yang Cocok Ditonton Sepulang Kerja
ShowBiz
4 Drakor Lucu Tanpa Karakter Antagonis yang Cocok Ditonton Sepulang Kerja

Terdiri dari drakor yang mudah dimengerti dan menghibur

Konser Virtual ‘Panggung Janggal’ Laze Siap Mengudara
ShowBiz
Konser Virtual ‘Panggung Janggal’ Laze Siap Mengudara

Showcase itu direncanakan tayang pada 10 April 2021 pukul 16.00 WIB.

Wow, Gim Langka Super Mario Bros Terjual Rp 1,6 Miliar
Fun
Wow, Gim Langka Super Mario Bros Terjual Rp 1,6 Miliar

Harga jual Super Mario Bros langka itu bisa setara dengan 440 konsol Nintendo Switch.

Vans Showdown, Kontes Wajib Anak Skate
Fun
Vans Showdown, Kontes Wajib Anak Skate

Anak skate ayo merapat.

Prada Luncurkan Jaket Kece untuk Anjing
Fashion
Prada Luncurkan Jaket Kece untuk Anjing

Tidak hanya satu, rumah fesyen asal Italia itu sudah siapkan tiga desain berbeda.

Bioskop Dibuka 29 Juli, 5 Film Indonesia ini Wajib Kamu Tonton
ShowBiz
Bioskop Dibuka 29 Juli, 5 Film Indonesia ini Wajib Kamu Tonton

Film-film Indonesia yang wajib ditonton saat bioskop kembali dibuka.

Natal Pertama Keluarga Kecil Pangeran Harry di Amerika Serikat
ShowBiz
Natal Pertama Keluarga Kecil Pangeran Harry di Amerika Serikat

Mereka juga bergabung dengan ibu Meghan, Doria Ragland yang tinggal di Los Angeles.

Rekomendasi 3 Tempat Sulam Alis Terbaik di Jakarta
Hiburan & Gaya Hidup
Rekomendasi 3 Tempat Sulam Alis Terbaik di Jakarta

Untuk membuat alis terlihat lebih sempurna.

Kick Avenue Berbagi di Tengah Pandemi
Fun
Kick Avenue Berbagi di Tengah Pandemi

Kick Avenue peduli dengan sesama.

Tiga Mobil Klasik Stainless Steel Siap Dilelang
Fun
Tiga Mobil Klasik Stainless Steel Siap Dilelang

Dilelang pada September mendatang.