Harga Cabai di Ternate Tetap Bertahan

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Senin, 17 April 2017
Harga Cabai di Ternate Tetap Bertahan
Tanaman cabai di Desa Saree, Aceh. (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Harga cabai di Ternate, Maluku Utara, pada awal pekan ini bertahan jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya karena masih banyaknya stok di pasaran setempat.

Salah seorang pedagang di Pasar Higienis Ternate, Karmila, mengatakan bahwa harga cabai keriting Rp20.000 per kilogram serta cabai rawit dan cabai nona masing-masing Rp50.000 per kilogram.

Khusus cabai rawit dan cabai nona, walaupun harganya bertahan, tetapi lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa pekan lalu yang harganya melonjak hingga Rp100.000 per kilogram karena saat itu stoknya terbatas.

Menurut Karmila, harga bawang merah pada awal pekan ini Rp48.000 per kilogram naik dari sebelumnya Rp40.000 per kilogram.

Begitu pula bawang putih naik dari Rp40.000 per kilogram menjadi Rp50.000 per kilogram.

Naiknya harga kedua jenis bumbu masak itu karena stok di pasaran agak berkurang menyusul terbatasnya pasokan dari sejumlah sentra produksi yang selama ini memasoknya ke Ternate, seperti Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur.

"Harga tomat yang pada pekan lalu mencapai Rp15.000 per kilogram, kini turun menjadi Rp10.000 per kilogram menyusul semakin banyaknya pasokan dari wilayah Halmahera dan Sulawesi Utara," kata Karmila di Ternate, Senin (17/4).

Harga bumbu masak menjelang Ramadhan nanti dipastikan akan naik karena pengalaman selama ini pada saat seperti itu permintaan konsumen meningkat.

Sedangkan, harga komoditi lainnya seperti wortel bertahan yakni Rp15.000 - Rp17.000 per kilogram dan kentang Rp15.000 per kilogram.

Sumber: ANTARA

#Maluku #Harga Cabai Naik
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan