Harga Beras Premium Rata Rata Rp 15.010 Per Kg Jelang Akhir Tahun

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 06 Desember 2023
Harga Beras Premium Rata Rata Rp 15.010 Per Kg Jelang Akhir Tahun
Beras. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) juga mengintensifkan penyaluran bantuan pangan beras dan program intervensi pasar sebagai salah satu upaya menjaga kestabilan harga dan pasokan menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Saat ini, berdasarkan panel harga Badan Pangan Nasional per Rabu (6/12), harga rata-rata nasional beras medium Rp 13.210 per kilogram (kg) naik 0,23 persen atau Rp 30. Sedangkan harga rata-rata nasional beras premium Rp 15.010 per kg naik 0,20 persen atau Rp 30.

Baca Juga:

Beras Masih Jadi Penyumbang Inflasi

Adapun harga beras premium rata-rata provinsi, yakni di DKI Jakarta Rp14.490 per kg, sedangkan harga beras medium Rp 13.070 per kg.

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya menjamin stok beras untuk masyarakat Jakarta tersedia dalam jumlah yang cukup menjelang Natal 2923 dan Tahun Baru 2024.

"Saat ini stok beras di Pasar Induk Cipinang lebih dari minimum stok biasanya," kata Dirut Food Station Tjipinang Pamrihadi Wiraryo saat dihubungi di Jakarta, Rabu (6/12).

Saat ini stok beras di Pasar Induk Cipinang sebanyak 33.000 ton, sedangkan stok minimum adalah 30.000 ton. PT Fod Stations Tjipinang, akan melakukan pemantauan harga pangan dan ketersediaan stok demi memudahkan masyarakat mendapatkan kebutuhan pangan termasuk bahan pangan bersubsidi. (Knu)

"Dipastikan stok beras aman, memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," tuturnya.

Ia menegaskan, pihaknya bekerjasama dengan PD Pasar Jaya dan BUMD Dharma Jaya guna memastikan kualitas dan stok bahan pangan.

Kementerian Perdagangan melakukan upaya stabilisasi harga pangan di akhir tahun dengan tugas untuk mengawasi serta dan memberikan kebijakan. Sedangkan untuk pelaksanaan kebijakan dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah daerah.

"Kementerian Perdagangan sifatnya hanya mengatur tetapi pelaksanaannya ada di pemerintah daerah untuk subsidi transportasi. Seperti saat ini cabai tinggi harganya karena Desember musim hujan dan produksi pasti berkurang jadi harus diantisipasi," Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan.

Baca Juga:

Bertemu Airlangga, Dubes India Ungkap Kesiapan Cukupi Kebutuhan Beras Indonesia

#Harga Pangan #Inflasi #Beras #Nataru #Libur Akhir Tahun
Bagikan
Bagikan