Harga Beras Merangkak Naik, Badan Pangan Minta Warga Bijak Berbelanja

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 23 Agustus 2023
Harga Beras Merangkak Naik, Badan Pangan Minta Warga Bijak Berbelanja
Beras. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Badan Pangan Nasional melansir per 22 Agustus 2023, harga rata-rata beras medium Rp 12.181 per kg dan mengalami kenaikan 0,3 persen dari Rp 12.144 per kg pada 18 Agustus 2023.

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi memastikan Bulog telah mengamankan stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebanyak 1,6 juta ton yang akan digunakan untuk penyaluran bantuan pangan dan stabilisasi harga.

Baca Juga:

El Nino Bikin Indonesia Bisa Kekurangan Stok Beras Sampai 1,2 Juta Ton

"Kami sampaikan bahwa stok beras di Bulog ada dan cukup untuk bantuan pangan dan stabilisasi harga,""ujar Kepala Bapanas Arief.

Ia mengatakan, stok CBP akan terus bertambah seiring penyerapan gabah/beras yang terus dilakukan oleh Bulog.

Melalui stok beras yang tersedia tersebut, Arief meminta masyarakat untuk belanja bijak membeli bahan pangan secukupnya untuk keperluan sehari hari.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk belanja bijak sesuai keperluan dan stop boros pangan. Saya tegaskan bahwa stok beras yang ada di Perum Bulog aman dan cukup untuk keperluan bantuan pangan dan stabilisasi harga.” ujarnya.

Meredam kenaikan harga beras, pihaknya terus menggencarkan Gerakan Pangan Murah (GPM) di seluruh daerah dan secara rutin bersama Kementerian Dalam Negeri dalam rangka monitoring perkembangan inflasi pangan di seluruh wilayah.

Selain itu, demi menjaga daya beli masyarakat berpendapatan rendah, pemerintah akan segera kembali menggelontorkan bantuan pangan beras kepada 21,353 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di seluruh provinsi.

Sama seperti bantuan beras tahap pertama yang berlangsung pada April-Mei 2023, bantuan pangan beras tahap kedua akan disalurkan selama tiga bulan pada bulan Oktober-Desember 2023 dengan volume 10 kg beras per penerima.

"Sesuai arahan Bapak Presiden bahwa bantuan pangan beras ini akan kembali kita gelontorkan untuk masyarakat berpendapatan rendah pada bulan Oktober hingga Desember mendatang. Ini salah satu upaya membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan." ungkapnya. (Asp)

Baca Juga:

Banyak Calegnya Berasal dari Purnawirawan TNI-Polri, PKS Pede Kuasai Parlemen

#Beras #Harga Beras #Sembako
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan