Harga Bawang dan Cabai Naik, TPID Kota Solo Gelar Operasi Pasar

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 01 Agustus 2022
Harga Bawang dan Cabai Naik, TPID Kota Solo Gelar Operasi Pasar
Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo menggelar operasi pasar di Balai Kota Solo, Senin (1/8). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo melakukan operasi pasar murah di sejumlah titik di Kota Bengawan. Dalam kegiatan tersebut, TIPD dua ton bawang merah dan 1,5 ton cabai merah murah

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo mengatakan operasi pasar dilakukan di empat lokasi, meliputi halaman Balai Kota Solo, Galabo, Plaza Sriwedari, dan Loji Gandrung. Selain bawang merah dan cabai, terdapat sejumlah komoditas yang ditawarkan, di antaranya minyak goreng dan gula.

Baca Juga

217 Warga Solo Terjangkit DBD, 6 Orang Meninggal Dunia

"Harga yang kami tawarkan, antara lain bawang merah Rp 14.000/0,5 kg; cabai rawit sret Rp 55.000/kg; cabai merah keriting Rp 60.000/kg; cabai rawit merah Rp 15.000/0,25 kg; dan cabai merah keriting Rp 31.000/0,5 kg," ujar Joko, Senin (1/8).

Joko menjelaskan TPID mengadakan pasar murah terutama komoditas cabai merah dan bawang merah di Kota Bengawan karena harga keduanya masih tergolong tinggi. Harga tinggi karena pengaruh dari panen yang terlambat membuat suplai menurun.

“Dengan ini masyarakat terbantu, yang membutuhkan cabai dan bawang merah harganya murah," katanya.

Baca Juga

Ribuan Warga Solo Sambut Kirab Obor ASEAN Para Games

Joko melanjutkan cabai diambil dari sentra atau kelompok gabungan petani di wilayah Temanggung dan ada subsidi ongkos kirim membuat harga cabai merah dan bawang merah pada OP lebih terjangkau dari harga di pasaran. Jumlah bawang merah dua ton dan cabai merah 1,5 ton.

“Langkah ini untuk memperlancar distribusi difasilitasi TPID Provinsi Jateng yang dilakukan di Solo, Semarang, Tegal, dan Purwokerto," papar dia.

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah (Setda) Solo, Arif Handoko mengatakan, data BPS Solo pada Juni 2022, menunjukkan Kota Solo mengalami Inflasi sebesar 0,89 peren dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 112,48. Angka ini terjadi kenaikan dibandingkan inflasi bulan Mei 2022 diangka 0,71 persen.

"Kami menilai angka inflasi ini masih wajar karena Kota Solo bisa disebut Kota Kuliner," ucap dia

Ia menambahkan Komoditas yang paling berpengaruh menyebabkan inflasi di Solo, adalah cabai rawit, cabai merah, nasi dengan lauk, telur ayam ras, dan bawang merah. Inflasi paling tinggi di Jateng, yakni Semarang 0,93 persen, Solo, Cilacap 0,71 persen, Tegal 0,63 persen, Purwokerto 0,59 pesen. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Kota Solo jadi Kiblat Dalami Ilmu Budaya Keroncong

#Operasi Pasar #Operasi Pasar Murah #Kota Solo #Bawang Merah #Ekonomi Nasional #Ekonomi Indonesia #Pemulihan Ekonomi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan