Harga Bahan Pokok Melonjak, Mendag Agus Belum Mau Impor Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto mengatakan pihaknya belum mau memutuskan untuk impor sejumlah komoditas pangan menjelang perayaan Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Diketahui ada sejumlah bahan pokok yang diprediksi akan mengalami kenaikan harga memasuki akhir tahun 2019 seperti bawang merah, bawang putih, beras, daging, gula, minyak goreng, ayam ras, dan cabai.

Baca Juga

Mendag: Pemerintah Tidak Larang Warga Gunakan Minyak Goreng Curah

Keputusan Mendag Agus tak genjot impor itu lantaran harus mencari waktu yang tepat, ditakutkan saat bahan tersebut datang dari luar negeri di Indonesia tengah memasuki musim panen.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengultimatum hal tersebut agar stok barang tak membludak di pasaran. Yang dikhawatirkan juga bahan pokok asli Indonesia tak laku di pasar.

Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto. Foto: MP/Asropih
Menteri Perdagangan RI, Agus Suparmanto. Foto: MP/Asropih

"Belum ada (impor), jadi sesuai dengan arahan presiden itu kita harus antisipasi juga mengenai impor ini. Lebih selektif, karena jangan sampai pada saat panen kita impor barang sehingga pasokan bisa berlebihan," kata Agus di gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (13/11).

Kata Agus, pihaknya diminta Jokowi untuk bisa menyaring komoditas apa yang diperlukan dan tidak dibutuhkan di Tanah Air.

Baca Juga

Susunan Lengkap Kabinet Indonesia Maju

"Artinya jangan sampai waktu panen kita impor barang yang sama. Selektif dalam pengertian begitu. Bukan, kita tidak melarang impor, tapi kita juga menseleksi impor itu supaya timingnya pas, dan kita kerja sama dengan kementerian lain," paparnya.

Ia menjelaskan, bahan pokok yang dipastikan naik masih memiliki stok untuk kebutuhan kegiatan keagamaan Natal dan tahun baru. Kata Agus, bahan itu akan setabil bila musim kemarau panjang selesai.

Baca Juga

Mendag Agus Dorong DPR Segera Tuntaskan Ratifikasi Perjanjian Indonesia-Australia

"Jadi semua ini kan pasokan kita masih ada kecukupan memang nanti kita antisipasi dengan perubahan iklim. Untuk sementara ini kita masih lihat masih ada kecukupan," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropih


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH