Harbolnas 9.9, Ini Tips Belanja Online Cerdas dan Hemat Yuk intip tips cerdas dan hemat berbelanja online (Foto: pixabay/kreatikar)

SEJUMLAH e-commerce ternama hari ini tengah menyelenggarakan hari belanja online nasional atau Harbolnas 9.9. Pada Harbolnas tentunya sejumlah promo menarik pun bertebaran. Dari mulai diskon, hingga cashback besar bisa didapatkan oleh pembeli.

Tak dipungkiri belanja online lewat e-commerce merupakan salah satu cara untuk membeli produk dengan harga lebih murah dibanding toko offline. Terlebih kamu tak perlu membuang-buang waktu dan ongkos untuk belanja ke toko, hanya tinggak klik lewat smartphone saja.

Baca Juga:

Testimoni Terlucu Belanja Online

Belanja online memang sangat nyaman, namun kamu harus cerdas dalam berbelanja online. Karena bisa jadi kamu justru membayar biaya lebih mahal bila tak teliti, khususnya pada biaya pengiriman.

Selain itu, ada beberapa hal penting juga yang perlu kamu perhatikan saat berbelanja online. Khususnya memastikan produk yang dijual serupa dengan foto dan berkualitas baik.

Nah, untuk kamu yang ingin berbelanja online dengan menghemat banyak uang dan mendapat barang bagus, ada sejumlah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

1. Bandingkan Harga di Beberapa e-commerce

Membandingkan harga di sejumlah e-commerce agar kamu mendapat harga terbaik (Foto: pixabay/200degrees)

Membandingkan harga di beberapa e-commerce memang menghabiskan waktu ekstra. Tapi, dengan begitu kamu bisa mendapat harga terbaik. Karena saat ini toko online saling berlomba-lomba memberikan harga yang termurah dengan produk kualitas terbaik.

Dengan cara itu, kamu bisa mencari serta membandingkan harga dengan cepat dan mudah. Kamu tak perlu bingung, tinggal pilih saja 3-4 e-commerce ternama di Indonesia, lalu searching nama produk yang kamu inginkan dan bandingkan harganya. Memang sedikit menguras waktu, tapi kamu bisa lebih untung jika mendapat harga yang perbedaanya cukup jauh alias lebih murah.


2. Lihat Ulasan Produk dan Rating Toko

Lihat ulasan para pembeli tentang produk yang kamu inginkan, agar kamu tak tertipu atau kecewa (Foto: pixabay/200degrees)

Sebelum kamu melakukan pembelian, biasakan untuk membaca deskripsi produk terlebih dahulu. Setelah itu baru kamu lihat ulasan pelanggan tentang produk tersebut. Biasanya toko yang terpercaya mendapat ulasan bagus dari pembeli, dan jumlah barang yang terjualnya pun cukup banyak.

Setelah itu, jangan lupa juga lihat rating toko online tempat menjual produk yang kamu inginkan. Karena biasanya, bila toko-toko online yang sudah terpercaya mendapat rating yang tinggi dari para konsumen. Dengan begitu, kamu tak akan kehilangan uang untuk produk yang tak sesuai keinginan atau produk berkualitas buruk.

Baca Juga:

Gemar Belanja Online? Kamu Harus Tahu Istilah-Istilah Ini


3. Gunakan Voucher

Kamu bisa mendapat produk dengan harga murah dari diskon voucher belanja (Foto: pixabay/mohamed_hassan)

Ketika kamu berbelanja online, hampir seluruh toko e-commerce menawarkan sejumlah voucher diskon yang beragam. Dari mulai nilai diskon yang beragam, hingga diskon untuk beberapa produk tertentu saja.

Dengan voucher tersebut, kamu akan lebih hemat dalam berbelanja. Namun, kamu harus teliti dalam melihat voucher diskon, karena bila salah membaca penjelasan, yang ada kamu justru membayar dengan harga normal dan tak jadi berhemat.

4. Manfaatkan Free Ongkir

Free ongkir bisa menghemat biaya (Foto: pixabay/mohamed_hassan)

Pada harbolnas, sejumlah e-commerce menawarkan free ongkir atau pengiriman gratis pada batas waktu tertentu. Penawaran ini sangat-sangat menarik, terlebih bila kamu yang memesan barang jauh dari luar pulau, bahkan luar negeri.

Namun kamu juga harus jeli dalam membaca penjelasan free ongkir. Karena ada yang menawarkan free ongkir dengan batas maksimal harga pengiriman, terlebih bila kamu memesan barang-barang yang terbilang cukup besar dan berat.

Dengan cara tersebut kamu bisa menghimat biaya pengiriman gartis, yang mungkin biasanya berjumlah sekitar 20% dari total biaya produk. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Aman Belanja Online untuk Millennials

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH