Bisnis
Harbolnas 2020, Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Emas Antusiasme belanja online meningkat di masa pandemi COVID-19. (Foto: Istimewa)

MASA karantina yang hampir menyentuh 10 bulan tentu membuat kita bosan di rumah. Tak bisa dimungkiri, salah satu dampaknya ialah gawai jadi kawan akrab setiap hari. Kelekatan dengan gawai itu jadi penyumbang kesuksesan penyelenggaraan hari belanja online nasional (harbolnas) 2020. Ajang promo belanja itu mencatatkan nilai transaksi di atas Rp11,6 triliun. Angka tersebut di atas target yang dipasang Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) sebagai penyelenggara.

Nilai transaksi itu tercatat dalam hasil survei yang dilakukan perusahaan riset ternama di Indonesia, Nielsen Indonesia. Survei digelar sepanjang penyelenggaraan pesta diskon tahunan 12.12 ini pada 11 dan 12 Desember 2020. Nielsen memantau penuh selama dua hari tersebut.

Ketua Umum idEA Bima Laga mengatakan optimismenya pada pertumbuhan ekonomi Indonesia dari sektor digital, terutam industri e-commerce.

Baca juga:

Harbolnas 9.9, Nikmati Sederet Diskon di E-Commmerce Ini

Harbolnas 2020, Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Emas
Usia 15 sampai 24 tahun mendominasi. (Foto: Istimewa)

“Menilik hasil survei, perekonomian Indonesia terbilang kuat dan punya potensi untuk bangkit lebih cepat,” ujar Bima dalam acara peluncuran hasil survei penyelenggaraan Harbolnas 2020, Rabu (23/12).

Dengan dorongan dari para pelaku industri digital, saya menyambut positif persebaran konsumen Harbolnas kali ini yang mengalami kenaikan. Hal ini menumbuhkan optimisme bahwa ekonomi digital kita bisa memberi sumbangsih besar pada pertumbuhan ekonomi Indonesia,” lanjutnya.

Dalam paparannya, Director of Nielsen Indonesia, Rusdy Sumantri, menyambut positif kenaikan nilai transaksi tahun ini.

“Di saat pandemi, konsumen masih memiliki daya beli yang cukup tinggi, Harbolnas 2020 mematahkan semua keraguan itu,” kata Rusdy.

“Ketika ada momen dengan tawaran ragam promo menarik di Harbolnas tahun ni, mereka pun lebih antusias dan tak lagi menahan diri untuk melakukan pembelian,” tambahnya.

Baca juga:

Harbolnas 2020 Tetap Jaya di Masa Pandemi

Harbolnas 2020, Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Emas
Beberapa top kategori di Harbolnas 2020. (Foto: Istimewa)

Tren belanja online melesat tinggi sejak pandemi COVID-19 merajalela di Indonesia. Tapi yang menarik adalah penemuan siapa profil konsumen tersebut.

Konsumen yang menjadi pasar terbesar ada di kalangan milenial, yakni 36 persen di usia 15 sampai 24 tahun, serta 34 persen pada kelompok 25 sampai 34 tahun. Kalangan yang terbilang “dewasa”, yakni pada rentang usia 35 sampai 44 tahun hanya berkisar 19 persen saja. Sisanya merupakan konsumen di kelompok usia 45 tahun ke atas.

Kenaikan transaksi juga terjadi dari luar Pulau Jawa, dari total kenaikan penjualan yakni 28 persen dibandingkan Harbolnas tahun lalu, kini menjadi 97 persen.

Lalu produk-produk yang mendominasi minat konsumen, pada dasarnya sudah bisa diprediksi. Bersaing tipis antara produk perawatan diri, makanan dan minuman, serta kebutuhan sehari-hari. Ketiga produk inilah yang mengalami kenaikan signifikan selama Harbolnas di masa pandemi.

Harbolnas 2020, Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Emas
Waktu-waktu tertentu untuk menikmati promo. (Foto: Istimewa)

Sebagian besar pembelian produk-produk tersebut menyasar buatan lokal, sumbangsih dari produk lokal mencapai Rp5,6 triliun.Yang juga menarik diperhatikan adalah daya tarik utama pembelian terletak pada promo ongkos kirim yang gratis, yakni 78 persen. Setelah itu baru promo potongan harga. Sementara untuk penggunaan voucher dan cashback tidak terlalu diminati konsumen.

Indonesia juga layak berbangga karena melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang digaungkan sejak Mei 2020, mampu membangun nasionalisme nyata yang terlihat dalam acara yang juga mengangkat #BelanjaUntukNegeri ini. (and)

Baca juga:

Risiko yang Mengintai Pengusaha saat Harbolnas dan Cara Mensiasatinya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pintek dan SIPLah Ajak UKM Pendidikan Maksimalkan Potensi Bisnis
Hiburan & Gaya Hidup
Pintek dan SIPLah Ajak UKM Pendidikan Maksimalkan Potensi Bisnis

Pintek mengajak UKM untuk mengembangkan potensi bisnis lebih optimal bersama SIPLah.

Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun yang Pasti Disukai Oleh Sagittarius
Fun
SSD Baru WD untuk Gamer Sejati
Fun
SSD Baru WD untuk Gamer Sejati

Pengalaman bermain game akan optimal dengan menggunakan SSD ini.

Zoom akan Punya Fitur Penerjemah Bahasa Berbasis AI
Fun
Zoom akan Punya Fitur Penerjemah Bahasa Berbasis AI

Inovasi yang ditawarkan Zoom bertujuan untuk memberikan kenyamanan lebih bagi penggunanya

Fitur Baru Instagram untuk Para Pembisnis
Fun
Fitur Baru Instagram untuk Para Pembisnis

Kalian bisa langsung menghubungi pemilik akun bisnis melalui WhatsApp langsung dari aplikasi Instagram.

Epigallo, Kandungan Teh Hijau Mampu Atasi COVID-19
Fun
Epigallo, Kandungan Teh Hijau Mampu Atasi COVID-19

Epigallo ada pada suplemen yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh.

Single ‘Dunia Batas’ Jadi Materi Awal Album Baru Pusakata
ShowBiz
Single ‘Dunia Batas’ Jadi Materi Awal Album Baru Pusakata

Single Dunia Batas akan masuk dalam sebuah album bertajuk Mesin Waktu 2020 (Mesin Waktu Dua Puluh Dua Puluh).

Bocoran Model dan Spesifikasi Apple iPhone 13
Fun
Bocoran Model dan Spesifikasi Apple iPhone 13

Bocoran model iPhone 13, lengkap dengan spesifikasinya.