Harapkan Transisi yang Smooth, Agus Rahardjo Dorong Alex, Laode, dan Basaria Ikut Seleksi Capim KPK Jilid V Ketua KPK Agus Rahardjo. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo turut mengusulkan tiga koleganya untuk kembali maju sebagai calon pimpinan lembaga antirasuah jilid V.

Ketiga pimpinan KPK yang diajukan Agus yakni Alexander Marwata, Laode M Syarid, dan Basaria Panjaitan. Agus menilai ketiganya merupakan sosok yang tepat untuk melanjutkan program yang saat ini masih berjalan.

"Saya berpendapat memang ada bagian dari pimpinan yang sekarang meneruskan dalam periode yang akan datang (Jilid V)," kata Agus saat dikonfirmasi, Kamis (13/6).

Alexander Marwata dan pimpinan lainnya. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Alexander Marwata dan pimpinan lainnya. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Baca Juga:

Pansel Minta Bantuan Pimpinan KPK Tracking Rekam Jejak Capim

Menurut Agus, ketiga nama itu dapat memperkuat pondasi pimpinan selanjutnya. Bahkan, Laode, Basaria, dan Alexander dianggap bisa menjaga marwah lembaga antirasuah.

"Supaya ada masa transisi yang smooth, disamping pondasi yang sekarang diletakkan tetap dijaga keberlanjutannya blue print SDM (Sumber Daya Manusia), peraturan dan perundangan apa saja yang perlu diubah, perubahan organisasi dan lain-lain," jelas dia.

Sebelumnya Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang juga mengajukan tiga pimpinan lembaga antirasuah untuk kembali maju menjadi komisioner KPK jilid V.

Hal tersebut awalnya diungkap oleh Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) KPK Yenti Ganarsih. Saat ditanya soal siapa saja yang sudah mendaftar, Dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti ini mengatakan pendaftaran belum dibuka.

"Belum, tanggal 17 Juni baru dibuka, minggu depan. Dan nanti yang dari sini kelihatannya mau daftar tiga katanya. Betulkah Pak Saut," kata Yenti didampingi Saut Situmorang di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (12/6).

Pernayataan Yenti langsung ditanggapi Saut. Mantan Staf Ahli Badan Intelejen Negara (BIN) itu membenarkan pernyataan Yenti. Dia mengajukan Laode M Syarief, Basaria Panjaitan dan Alexander Marwata. "Saya calonkan lagi Pak Laode (Syarif), Bu Basaria (Panjaitan) sama Pak Alex (Marwata). Saya enggak," ucap Saut. (Pon)

Baca Juga: Pansel Capim KPK Minta Wejangan ke Agus Rahardjo cs

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH