Harapan Tiongkok dalam Hal Antariksa

  • Sebuah kongres yang diadakan pada tahun 2011 telah memungkinkan NASA untuk melarang kontak individu dari program luar angkasa Tiongkok. Larangan ini timbul karena kekhawatiran keamanan nasional.

    "Ada skeptisisme yang luar biasa di sana, Tiongkok dipandang sebagai musuh, mereka dipandang sebagai pemerintah yang berusaha untuk mengambil kekayaan intelektual kami. Rahasia nasional kita dan harta" kata analis ruang angkasa CNN, Miles O'Brien.

    Dalam sebuah surat kabar lokal Tiongkok yang dikutip CNN pada Selasa (2/6) dikatakan bahwa luar angkasa telah menjadi area komptensi strategis.

    "Pemerintah Tiongkok selalu menganjurkan penggunaan damai di luar angkasa, yaitu menentang adanya persenjataan dan perlombaan senjata di luar angkasa. Posisi ini tidak akan berubah," ucap Wang Jin, juru bicara Kementerian Pertahanan.

  • Baru-baru ini ada laporan dari U.S.-China Economic and Security Review Commission mengatakan bahwa kemampuan ruang angkasa Tiongkok membaik. Hal ini memiliki konsekuensi negatif bagi sejumlah keamanan militer Amerika.

    Namun Nie meredam ketakutan itu, “Amerika Serikat dan Rusia memulai program ruang mereka awal. Mereka adalah pelopor," katanya. Nie mengatakan bahwa astronot asing diperbolehkan untuk mengunjungi stasiun luar angkasa milik Tiongkok setelah diluncurkan nanti.

    Tiongkok berharap dapat menyelesaikan stasiun ruang angkasa mereka pada tahun 2022, yaitu pada saat Stasiun Luar Angkasa Internasional berakhir masa pakainya, menjadikan Stasiun Luar Angkasa Tiongkok adalah satu-satunya yang permanen di ruang angkasa.

  • Tiongkok pertama kali meluncurkan program luar angkasa pada tahun 1992. Kala itu mereka banyak meminjam dan membeli teknologi Rusia, terutama mereplikasi wahana angkasa luar Rusia, Soyuz. Tingkok menjuluki replicas Soyuz dengan Shenzhou.

    Setelah berkali-kali melakukan uji coba pada penerbangan ke luar angkasa, akhirnya pada tahun 2003 Tiongkok menempatkan manusia untuk pertama kali di luar angkasa. Pada tahun 2008 Tiongkok berhasil mengirim astronotnya berjalan di luar angkasa.

    Akhirnya pada taun 2013 astronot Tiongkok, Nie beserta dua orang krunya berhasil menyelesaikan misi luar angkasa terlama dalam ejarah Tiongkok. Mereka juga ssempat du kali merapat ke laboratorium ruang angkasa Tiangong-1.

  • Dengan dukungan dari eselon tertinggi Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa dan biaya yang sangat banyak, sebagian besar analis percaya program luar angkasa Tiongkok bisa menjadi pemimpin dunia. "Saya pikir pada akhirnya, gaya kura-kura vs kelinci, mereka mungkin akan menang," kata O'Brien.

    Pada Oktober tahun lalu, Tiongkok meluncurkan misi luar angkasa tak berawak yang paling ambisius sampai saat ini. Mereka mengorbit bulan dan kemudian kembali ke Bumi. Misi itu dijuluki "Xiaofei," atau "Little Flyer" di jejaringan sosial Tiongkok.

    Misi Xiaofei melakukan pengorbit tak berawak dengan menempuh jarak sekitar 840.000 kilometer selama delapan hari. Melalui misi itu, mereka telah mampu melihat sekeliling bulan dan mengambil beberapa gambar bumi dan bulan yang luar biasa. Speerti dikutip CNN dari kantor berita Xinhua.

    Wu Yanhua, wakil direktur Administrasi Negara Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Industri untuk Pertahanan Nasional Tiongkok, mengatakan pada saat itu misi uji sukses telah mengumpulkan banyak data eksperimental dan memperoleh "dasar yang kuat untuk misi masa depan."

    Namun begitu, sampai saat ini Tiongkok belum berkomitmen untuk meletakan manusia di bulan. Berbeda dengan negara lain yang mulai berambisi meletakan manusia di luar angkasa.

    Ketika Komandan Nie ditanya mengenai tujuan akhir dari program ruang angkasa negara itu, dirinya mengatakan, "Untuk langkah selanjutnya, fokusnya adalah Tiangong-2 dan kemudian kita akan melakukan pekerjaan yang lebih untuk persiapan stasiun ruang angkasa."

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Rp192 Triliun Sudah Dikucurkan Buat Pulihkan Ekonomi
Lainnya
Rp192 Triliun Sudah Dikucurkan Buat Pulihkan Ekonomi

Pemerintah melakukan berbagai langkah agar serapan optimal, diantaranya perpanjangan berbagai program hingga Desember 2020.

Gaji Staf Ahli di Perusahaan BUMN Dibatasi Rp50 Juta
Lainnya
Gaji Staf Ahli di Perusahaan BUMN Dibatasi Rp50 Juta

Selain gaji, Kementerian BUMN membatasi jumlah staf ahli serta dilarang rangkap jabatan serta mendapatkan honorarium lain.

Usaha Lain Terpuruk, 10 Perusahaan Ini Jadi Pemberi Dividen Terbesar
Lainnya
Usaha Lain Terpuruk, 10 Perusahaan Ini Jadi Pemberi Dividen Terbesar

Di seluruh dunia, 27 persen perusahaan memotong dividen mereka. Sementara Eropa yang terkena dampak paling parah capai setengahnya melakukan pemotongan.

Isu Pergantian Menteri Mencuat, Ketum Golkar Airlangga Sambangi Prabowo
Lainnya
Isu Pergantian Menteri Mencuat, Ketum Golkar Airlangga Sambangi Prabowo

Kedatangan para politisi pendukung pemerintah ini, langsung disambut oleh Prabowo dengan saling menempelkan siku tangan mereka.