Harapan SBY kepada Presiden Jokowi dan Pimpinan Lembaga Negara untuk KPK

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 13 September 2017
Harapan SBY kepada Presiden Jokowi dan Pimpinan Lembaga Negara untuk KPK
Susilo Bambang Yudhoyono di DPP Demokrat. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta Presiden Joko Widodo serta pimpinan lembaga tinggi negara lainnya, untuk bersama-sama mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan tugasnya mencegah dan memberantas korupsi.

"Harapan saya kepada Presiden Jokowi dan para pemimpin lembaga negara, Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua DPD, semua dukunglah KPK," kata SBY di hadapan kader dan Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/9).

Pasalnya, SBY mensinyalir ada upaya pelemahan terhadap lembaga antirasuah. Dia juga menegaskan bahwa partainya menolak upaya pelemahan, terlebih pembekuan terhadap KPK.

SBY menuturkan, meski banyak kadernya yang menjadi tersangka korupsi di KPK, partainya konsisten untuk terus melakukan perbaikan dan terus mendukung kerja-kerja KPK.

Menurut dia, jangan sampai bila ada kader partainya yang terjerat korupsi oleh KPK, justru melakukan tindakan-tindakan yang cenderung melemahkan posisi lembaga anti rasuah itu.

"Kami konsisten tidak akan berubah dalam mendukung KPK. Jangan sampai kalau kadernya kena lantas melakukan tindakan sebaliknya," katanya.

Tak hanya itu, purnawirawan jenderal bintang empat itu juga meminta penegak hukum, baik KPK, Polri, dan Kejaksaan Agung tidak saling bermusuhan dalam melakukan pemberantasan korupsi.

SBY mengimbau ketiga lembaga penegak hukum itu harus saling bersinergi. Menurut dia, bila ingin berkompetisi dalam melakukan penegakkan hukum harus dilakukan secara sehat.

"Kalau berkompetisi secara sehat, tapi jangan bermusuhan satu sama lain," tandasnya.

SBY menambahkan bahwa KPK, Polri, Kejaksaan dan lembaga peradilan bisa berkolaborasi menyelesaikan kasus-kasus korupsi. Pasalnya, keempat lembaga tersebut memiliki peran yang penting satu sama lain.

"KPK penting, Polri juga penting, Kejaksaan juga penting, pengadilan juga penting. Mereka punya misi yang sama dalam hal ini memberantas korupsi," kata SBY. (Pon)

Baca berita terkait dukungan SBY terhadap KPK lainnya di: Sambangi Kantor Demokrat, KPK Dapat Pesan Dari SBY

#SBY #KPK #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan