Harapan MUI kepada Dewas dan Pimpinan Baru KPK Ketua KPK Firli Bahuri dan mantan Ketua KPK Agus Rahardjo saat acara "Serah Terima Jabatan dan Pisah Sambut" di gedung KPK, Jakarta, Jumat (20/12/2019). (Antara/Benardy Ferdiansyah)

MerahPutih.com - Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas berharap agar pimpinan dan Dewan Pengawas KPK yang baru mampu bekerja lebih baik lagi.

Menurut Anwar, kerja keras yang lebih sistematik, terencana dan terukur tentu sangat diharapkan agar KPK bisa mendapatkan kepercayaannya kembali dari masyarakat.

Baca Juga

Firli: Kalau Gaji Pegawai KPK Naik Pasti Tidak Ada Kegaduhan

"Untuk itu kehadiran dewan pengawas dalam hal ini jelas menjadi sangat penting dan strategis," kata Anwar kepada Merahputih.com di Jakarta, Sabtu (21/12).

Anwar melanjutkan, dewan pengawas yang dipimpin Tumpak Hatorangan Panggabean ini diharapkan akan dapat mendorong kinerja pimpinan KPK untuk bisa meningkat secara signifikan sehingga KPK bisa berfungsi sesuai dengan yang diinginkan.

"Kalau selama ini KPK terkesan tajam ke bawah dan tumpul ke atas, kita sangat berharap agar mereka bisa memenuhi harapan. Di mana pisau hukum itu tidak hanya terlihat tajam ke bawah tapi juga tajam ke atas," jelas Anwar.

Firli Bahuri bersama pimpinan KPK saat pelantikan di Istana Negara
Ketua KPK Firli Bahuri (paling kiri) bersama pimpinan KPK saat pelantikan di Istana Negara (Foto:ANTARA)

Anwar juga meminta KPK di bawah komando Firli Bahuri menunjukkan keberanian dan independensi serta terbebas dari pengaruh kekuasaan manapun dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya.

Baca Juga

Dukung Firli Bahuri, Sekelompok Massa Tuntut Pegawai KPK yang Tolak Jadi ASN Angkat Kaki

"Ini menjadi sesuatu yang bersifat mutlak dan tidak bisa ditawar-tawar bila KPK masih ingin dipercaya masyarakat dan oleh seluruh rakyat di negeri ini," tutup Anwar.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyaksikan pengucapan sumpah lima orang anggota Dewan Pengawas KPK 2019-2023 yaitu Syamsuddin Haris, Artidjo Alkostar, Albertina Ho, Harjono dan Tumpak Hatorangan Panggabean di Istana Negara.

Pengucapan sumpah itu juga dihadiri oleh para menteri Kabinet Indonesia Maju, empat orang Komisioner KPK 2015-2019, lima orang Komisoner KPK 2019-2023, mantan panitia seleksi komisioner KPK, dan para pejabat terkait lainnya.

Baca Juga

Wapres Ma'ruf Amin Minta Pimpinan KPK Baru Fokus ke Pencegahan Korupsi

Kelimanya ditetapkan sebagai Dewas KPK berdasarkan Keputusan Presiden No. 140/P tahun 2019 tentang pengangkatan keanggotaan Dewan Pengawas KPK 2019-2023 tanggal 19 Desember 2019. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH