Harapan Mbak Puan Terkait Pertemuan Kim Jong-Un dan Donald Trump Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

MerahPutih.com - Pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong Un di Singapura mendapat respon positif dunia.

Peristiwa itu disebut paling bersejarah setelah kedua negara terlibat perang dingin dalam beberapa dekade terakhir.

Diketahui dalam pertemuan singkat tersebut, kedua kepala negara menandatangani dokumen yang bertujuan menciptakan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Menyikapi hal itu, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani mengaku optimis apa yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut akan berbuah perdamaian.

Presiden Korea Utara Kim Jong-Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Foto: Anthony Wallace/Pool via Reuters

"Saya tentu akan berpikir optimis dan positif bahwa apa yang akan terjadi yang akan dibicarakan memang nantinya bisa membawa dunia ini damai," ucap Puan saat ditemui awak media di DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (12/6).

Putri Presiden RI ke-5 itu menuturkan, sebagai bangsa yang selalu menjunjung tinggi perdamian dunia, tentu saja Indonesia akan mendukung semua langkah menuju tujuan tersebut.

"Kalau nanti itu terjadi kita mendukung perdamaian itu bisa terjadi dimanapun kita berada," ujarnya.

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat dimintai keterangan menyambut baik upaya yang dilakukan oleh pemimpin bangsa guna mewujudkan perdamaian dunia, termasuk Indonesia.

Presiden Korea Utara Kim Jong-Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Foto: Anthony Wallace/Pool via Reuters

"Ya sebenarnya indonesia memegang peran penting, dimana menjaga perdamaian dunia adalah agenda politik luar negeri kita," kata dia.

Hal itu juga yang ditanamkan PDIP selaku Partai pengusung pemerintahan Jokowi-JK.

"Ibu Mega secara konsisten mewujudkan perdamaian di kawasan, sehingga kami menyambut baik upaya-upaya dialog marena itu sejalan dengan politik luar negeri kita bebas aktif," pungkasnya. (fdi)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH