Harapan Kreator Portal pada Valve

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 22 April 2022
Harapan Kreator Portal pada Valve
Erik Wolpaw ingin sekali menggarap Portal 3. (Foto: Valve)

SEPERTI kutukan setiap gim Valve, memang Gabe Newell sama sekali tidak ingin menggarap sekuel kedua di tiap gim yang mereka rilis. Seperti Team Fortress, Half Life, dan bahkan gim Portal yang menjadi gim pilihan di masanya. Meski demikian, kreator Portal di lain hal, ingin sekali menggarap Portal 3 atau judul lain demi melanjutkan kisah dua robot di laboratorium Aperture.

Seperti yang dikutip dari laman Kotaku, Erik Wolpaw selaku co-writer dari seri gim Portal menjadi satu-satunya kreator yang ingin sekali menggarap sekuel, meski saeperti yang diketahui bahwa kreator lain sudah ingin istirahatkan diri dari proyek Valve.

Baca juga:

Playdate, Sebuah Konsol Genggam "Klasik" Masa Kini

"Aku tidak mungkin selamanya muda. Kami sudah menuju titik dimana tim kami yang menggarap Portal, terlalu tua untuk menggarap Portal 3, jadi kami memang harus melakukannya," ujar Wolpaw.

Portal 2 yang merupakan gim terkini dari Valve, adalah gim yang dirilis sejak 2011, dimana gim tersebut sampai sekarang tidak ada cerita lanjutannya hingga 2022 ini. Tapi Wolpaw memang sangat antusias dengan seri Portal, yang ia ketahui adalah gim first-person platformer terbaik untuk PC dan juga konsol.

Wolpaw dengan 300 karyawan lebih dalam proyek Portal, memang memiliki pertentangan dengan pihak pengembangan Steam dan pihak legal dari Valve. Padahal menurutnya, Portal 3 juga bisa diselesaikan proyeknya hanya dengan 75 orang saja. Besar kemungkinan memang Gabe Newell dan Valve sudah mengikuti prinsip bahwa tidak ada angka tiga dalam gim yang ia garap.

Baca juga:

Sega Punya Project Reboot Crazy Taxi dan Jet Set Radio

Kreator tersebut juga sudah menjalani banyak proyek di Valve, yang sebagian adalah gim terkenal seperti seri Half Life, Psychonauts, Counter Strike: Global Offensive, serta dirinya yang berkontribusi dalam spinoff terbaru garapan Valve dengan fitur virtual reality yakni Half Life: Alyx.

"Apakah Portal 3 akan selaris Counter Strike: Global Offensive? Tentu tidak, akan tetapi mungkin gim tersebut sangat dibutuhkan untuk membuat Counter Strike: Global Offensive laku. Mohon dengarkan kami, Gaben." lanjut Wolpaw.

Meski banyak proyek yang dapat digarap oleh para kreator, tentu semua ada pada tangan publisher serta pihak platform dan waralaba gim tersebut untuk dapat dirilis. Tapi memang banyak gim Valve yang memiliki cerita yang menggantung, seperti Half Life 2, serta Team Fortress yang hingga sekarang grafisnya telah termakan zaman. (dnz)

Baca juga:

Evos Fams Cup Pro Series, Sarana untuk Mengembangkan Pahlawan Esports Indonesia

#Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan