Harapan Baru X-Men Usai Mendapat Kritikan Pedas di Dark Phoenix X-Men Dark Phoenix (Sumber: Ist)

X-MEN: Dark Phoenix menjadi film penutup dari seri X-Men di layar lebar. Sayangnya, film garapan 20th Century Fox kurang mendapat respon baik dari para penonton. Ia pun hanya mampu mengumpulkan US$34 juta dalam penutupan akhir pekan box office.

Film yang menceritakan mutan Jean Grey ini dianggap debut paling buruk sepanjang kiprah X-Men selama 20 tahun terakhir. Saat pembukaan pertama, Kamis (6/6) Dark Phoenix hanya mendapat US$5 juta dari penjualan tiket.

Padahal film X-Men lainnya seperti Apocalypse (2016) berhasil mengumpulkan US$8,2 juta dan Days of Future (2014) Past mendapatkan US$8,1 juta di hari pertama. Yang lebih mengagumkan film The Wolverine (2013) mampu meraih US$53 juta saat pembukaan debutnya.

Di Rotten Tomatoes, film X-Men: Dark Phoenix mendapatkan rangking terendah dengan skor 21 persen. Ini adalah angka terendah sepanjang seri X-Men. Sementara di situs IMDb, Dark Phoenix hanya mendapat rating 6.0/10.

Film-film X-Men buatan Fox memang mengalami pasang surut. Beberapa diantaranya mendapat review sangat buruk, namun ada juga yang menerima sambutan sangat baik. Misalnya Logan, Deadpool dan X2: X-Men United.

Dark Phoenix sendiri adalah film ketujuh dan terakhir dari seri X-Men. Usai film ini waralaba X-Men akan diambil alih oleh Disney setelah sebelumnya membeli 20th Century Fox. Pengambil alihan ini juga memungkinkan cerita X-Men akan bersatu dengan Marvel Cinematic Universe (MCU).

Harapan ini semakin terbuka lebar karena Disney melalui Marvel Studios memakai konsep multiverse setelah film Avengers: Endgame. Hal itu bisa dilihat pada trailer Spider-Man: Far From Home yang mengatakan kalau Mysterio berasan dari universe berbeda. Selain itu ada banyak komentar dari para pemain dan sutradara tentang multiverse.

Tentunya pengambil alihan ini memberikan harapan baru bagi penggemar X-Men. Berkaca dari film garapan Marvel Studio sebelumnya, hampir seluruh film mendapat komentar positif dari para kritikus. Di film terakhirnya, Avengers: Endgame mendapat nilai hampir sempurna yakni 94 persen di Rotten Tomatoes.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH