Harapan Agus Rahardjo Usai Jokowi Tetapkan Pansel Calon Pimpinan KPK Jilid V Ketua KPK Agus Rahardjo (kiri). (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan sembilan anggota Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk masa jabatan 2019-2023.

Ketua KPK Agus Rahardjo ‎meminta agar sembilan Pansel calon pimpinan lembaga antirasuah bekerja secara transparan. Hal itu disampaikan Agus usai menghadiri buka puasa bersama dengan pimpinan lembaga negara di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/5).

"Kerjanya harus transparan seperti yang lalu kami rasa kan transparan, setiap tahapan transparan, yang ngelamar berapa ditunjukkan, kemudian prosesnya apa saja, tanggalnya," kata Agus.

Agus berharap Pansel Pimpinan KPK jilid V bekerja seperti Pansel sebelumnya. Dia lantas menceritakan proses seleksi pimpinan KPK jilid IV. Kata Agus, pada proses seleksi pimpinan KPK jilid IV sangat transparan.

"Kalau nggak salah kan tempat ujiannya juga anda tahu pertama dulu dimana, kedua di mana kepada waktu apa kita diwawancara oleh pansel di Sekneg pada waktu itu itu kan juga terbuka untuk umum kan," ungkap dia.

Ketua Pansel KPK Yenti Ganarsih
Adnan Pandu Praja bersama pelaksana tugas pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji, anggota Pansel Pimpinan KPK Natalia Subagyo dan Yenti Garnasih di gedung KPK, Jakarta, Selasa (28/7). (Antara)

Karena itu, Agus berharap proses seleksi pimpinan KPK jilid V tidak berbeda jauh dengan Pansel sebelumnya. Yakni, adanya transparansi proses seleksi calon pimpinan KPK.

"Jadi harapan kita ya pasti begitu. Pada waktu kita di fit and proper test juga terbuka untuk terbuka untuk umum, jadi Harapan Kita akan seperti itu,"‎ pungkasnya.

Pansel calon pimpinan KPK akan bekerja menyeleksi calon pimpinan KPK periode 2019-2023 sejak Keputusan Presiden ditetapkan. Mereka akan bertugas menyaring dan mengusulkan nama-nama calon kepada Presiden dan bekerja hingga terbentuknya pimpinan KPK periode 2019-2023.

Berikut susunan keanggotaan Pansel KPK sebagai berikut:

Ketua merangkap anggota:
Dr. Yenti Ganarsih, S.H., M.H.

Wakil ketua merangkap anggota:
Prof. Dr. Indriyanto Senoadji, S.H., M.H.

Anggota:
1. Prof. Dr. Harkristuti Harkrisnowo
2. Prof. Dr. Marcus Priyo Gunarto, S.H., M.Hum.
3. Prof. Dr. Hamdi Moeloek
4. Dr. Diani Sadia Wati, S.H., LL.M.
5. Dr. Mualimin Abdi, S.H., M.H.
6. Hendardi, S.H.
7. Al Araf, S.H., M.T. (Pon)

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH