‘Happy Birthday’ Zayn Malik, Menyoroti Perjalanan Karir Musik Sang Mantan Personil One Direction Selamat hari ulang tahun Zayn Malik (foto: mirror.co.uk)

TANGGAL 12 Januari merupakan hari spesial seorang superstar dunia saat ini, Zayn Malik, karena pada tanggal tersebut adalah tanggal di mana ia dilahirkan atau hari ulang tahunnya. Karir musik yang dimilikinya saat ini mungkin adalah sesuatu yang hanya bisa diimpikan oleh banyak orang, memulai semua dari ajang pencarian bakat ‘X Factor’, hingga kini ia menjadi idola banyak wanita di seluruh belahan dunia.

Malik lahir dengan nama Zain Javadd Malik pada 12 Januari 1993, di Bradford, Yorkshire Barat, Inggris. Bakat Zayn Malik dalam bernyanyi sudah terlihat sejak dini, saat ia bergabung dengan paduan suara sekolahnya ketika usianya sekitar 8 tahun, di mana ia menemukan kecintaannya pada musik dan juga tampil di beberapa pentas seni di sekolah.

1. Mengikuti Ajang Pencarian Bakat dan Tergabung dalam One Direction

zayn bersama one direction
Formasi awal One Direction dari ajang pencarian bakat (foto: whtimes.co.uk)

Pada tahun 2010, saat usianya 17 tahun, ia mengikuti audisi untuk musim ketujuh kompetisi pencarian bakat musik ‘X Factor’, di mana saat itu ia menyanyikan lagu berjudul "Let Me Love You" oleh penyanyi sekaligus penulis lagu R&B asal Amerika, Mario.

Setelah lolos ke babak berikutnya, Malik tersingkir sebelum babak final. Namun juri ajang tersebut, Nicole Scherzinger dan Simon Cowell, memutuskan untuk mengelompokkannya dengan empat kontestan lainnya, diantaranya Liam Payne, Louis Tomlinson, Harry Styles dan Niall Horan.

Boy band yang baru dibentuk saat ajang tersebut itu berhasil lolos sampai tahap siaran langsung di televisi. Hingga pada akhirnya nama One Direction diusulkan oleh salah satu dari mereka, Liam Payne. Lagu pertama yang mereka nyayikan bersama adalah versi akustik dari lagu "Torn" oleh band alternatif rock Amerika, Ednaswap. Akhirnya, One Direction memenangkan posisi ketiga dalam acara tersebut.

Pada tahun 2011, One Direction ini merilis album debut mereka "Up All Night", yang memuncaki peringkat U.S. Billboard 200. Single utama mereka "What Makes You Beautiful" menempati urutan teratas di beberapa negara dan memuncaki peringkat No.1 di Inggris Singles Chart dan No. 4 di US Billboard Hot 100.

Setelah mendapatkan popularitas di seluruh dunia, Malik bersama dengan anggota band lainnya melanjutkan tur secara meluas. Mereka merilis album berikutnya: "Take Me Home" (2012), "Midnight Memories" (2013) dan "Four" (2014). Dengan debut "Four" yang lagi-lagi menduduki peringkat pertama di Billboard 200 A.S, mereka menjadi satu-satunya band yang debut album pertamanya di berada di nomor satu di Billboard 200 A.S.

2. Zayn Malik Memutuskan untuk Bersolo Karir

Zayn Malik keluar One Direction
Zayn Malik melakukan tanda tangan kontrak untuk project solonya (foto: billboard.com)

Hingga pada Pada 25 Maret 2015 Zayn Malik memutuskan untuk keluar dari One Direction, dengan menyatakan alasan bahwa ia ingin menjadi anak berusia 22 tahun normal yang hidup di luar sorotan keartisannya. Berita itu pun membuat banyak penggemar boy band tersebut kecewa dan sedih.

Tidak bertahan lama, Pada 29 Juli di tahun yang sama, Malik kembali ke dunia music dengan menandatangani kontrak rekaman solo dengan RCA Records. Dia kemudian melanjutkan untuk memberikan beberapa wawancara di mana dia membahas album solo studio debutnya dan juga mengungkapkan bagian dari daftar lagu, termasuk diantaranya: "She," "It’s You," "Wrong," "I Got Mine," and "My Ways."

3. One Direction Memutuskan untuk Vacuum

konser terakhir one direction
Penampilan terakhir One Direction sebelum vacuum (foto: billboard.com)

Setelah Malik menandatangani perjanjian kontrak, mantan boy band yang membesarkan namanya, One Direction. Merilis lagu "Drag Me Down" pada 31 Juli 2015, yang menjadi single pertama mereka sejak kepergian Malik. Lagu ini telah direkam sebagai bagian dari album studio kelima mereka "Made in the AM," yang akhirnya dirilis pada 13 November 2015. Penampilan terakhir mereka di televisi sebagai sebuah boy band adalah di "Dick Clark's New Year's Rocking' Eve” pada 31 Desember 2015. Mereka kemudian memutuskan untuk vacuum dan fokus pada proyek individual masing-masing.

4. Kesuksesan Zayn Malik bersolo karir

Zayn semakin sukses bersolo karir
Kesuksesan dan prestasi Zayn setelah bersolo karir (foto: totalsororitymove.com)

Pada 29 Januari 2016, Malik merilis single solo pertamanya berjudul "Pillowtalk" yang menampilkan model cantik Gigi Hadid. Lagu ini adalah bagian dari album studio solo pertamanya "Mind of Mine," yang dirilis pada 25 Maret. Lagu debutnya menduduki peringkat nomor satu di UK Singles Chart dan US Billboard Hot 100, hal ini menjadikan Zayn Malik sebagai artis pria Inggris pertama yang meluncurkan debut lagunya di puncak tangga lagu di kedua negara.

Albumnya "Mind of Mine" dirilis di bawah nama panggung baru 'Zayn' sejak tahun pertama keputusannya untuk keluar dari One Direction. Dalam sebuah wawancara dengan majalah FADER, Zayn mengatakan bahwa dia hanya ingin membuat jenis musiknya sendiri, berbeda dari suara pop-rock One Direction. Album debut itu pun menduduki peringkat Nomer satu di beberapa negara, sekaligus menjadikannya penyanyi yang menggeser Justin Bieber di bagian atas tangga lagu Billboard Artist 100 A.S. dan mendapatkan banyak ulasan positif untuk gaya musik barunya.

Dia memenangkan penghargaan pertamanya sebagai penyanyi solo di American Music Awards (AMA) pada 20 November 2016, ketika dia membawa pulang penghargaan ‘New Artist of the Year Un-leashed by T-Mobile’. Pada bulan Desember 2016, ia merilis single "I Don't Wanna Live Forever" yang berkolaborasi dengan Taylor Swift untuk film "Fifty Shades Darker" yang memuncak pada No. 6 di Billboard Hot 100 A.S. Zayn mengatakan pada "The Elvis Duran and the Morning Show" pada bulan yang sama, mengatakan dia sangat menikmati karir solonya.

Sampai akhirnya ia merilis single pertama "Still Got Time" berkolaborasi dengan rapper PartyNextDoor dari album solo keduanya pada 24 Maret 2017. Berselang beberapa bulan, pada 7 September 2017 Zayn merilis single utama dari album studio keduanya "Dusk Till Dawn", kali ini ia berkolaborasi dengan penyanyi dan penulis lagu asal Australia, Sia. Lagu ini ditampilkan dalam trailer resmi film Idris Elba dan Kate Winslet "The Mountain Between Us" dan lagi-lagi menempati peringkat kelima di UK Singles Chart dan US Billboard Hot 100.

5. Menjadi Pria Terseksi ke-27 di Dunia

Zayn Pria Terseksi
Selain talenta musik, Zayn Malik juga memiliki penampilan menarik (foto: aol.co.uk)

Seakan tidak pernah berhenti untuk mencetak lagu-lagu hits yang selalu menduduki daftar peringkat populer di dunia, sejak masih bersama One Direction bahkan ketika menjadi penyayi solo, karya Zayn selalu memiliki tempat di hati para penggemarnya, khususnya para wanita. Satu faktor lain yang membuatnya begitu populer di dunia yakni penampilan fisiknya yang menarik, Zayn berada di peringkat 27 dalam daftar "Pria Terseksi Dunia" di majalah Glamor dan pada tahun 2014, dia menduduki peringkat teratas di majalah GQ dalam daftar "50 Pria Berpakaian Terbaik di Inggris". (ADP)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH