'Happy Birthday' Suga! Yuk Kenalan dengan ‘Rapper’ BTS Suga BTS berulangtahun yuk kenalan (Foto: Instagam/@bts.bighitofficial)

PADA tanggal 9 Maret 2020 ini berbagai tagar di Twitter menjadi ‘trending’ karena salah seorang member dari ‘boyband’ BTS berulangtahun. Ya, dia adalah Suga alias Min Yoongi.

13 dari 20 tagar yang ada ‘worldwide trends’ membicarakan tentang ulang tahun Suga lho! Beberapa diantaranya adalah #HappyYoongiDay #HappySugaDay #ShiningDayOfMinPD #ItsSugaHyungDay #SUGADAY dan masih banyak lagi.

Baca juga:

Deretan Perempuan Cantik di Industri Kpop Yang Lahir Tanggal 29 Maret

Memangnya siapa sih Suga itu? Yuk kita kenalan.


1. Perjuangannya sebelum menjadi sukses

Perjuangan Suga sebelum menjadi terkenal (Foto: Twitter/@soompi)

Suga yang bernama asli Min Yoongi ini lahir pada 9 Maret 1993 di Daegu, Korea Selatan. Dari sebelum menjadi ‘idol’, Suga sudah lebih dulu masuk dalam sebuah grup ‘underground rapper’ bernama D-Town. Mimpinya untuk menjadi ‘rapper’ ini dimulai sejak duduk di bangku SD setelah mendengarkan lagu Fly dari Epik High.

Setelahnya ia jadi suka menulis lirik-lirik lagu. Padahal, keluarga Suga sangat menentang karirnya bermusik dan membuang lirik lagu yang Suga buat.
tidak hanya itu, dia juga pernah membuat lagu dan menjualnya tapi ternyata malah ditipu.

Suga juga pernah bercerita bahwa dia harus menahan lapar agar bisa membeli tiket bus pulang. Ketika dia memutuskan untuk makan, dia harus rela berjalan pulang beberapa kilometer karena uangnya tidak cukup.


Bahkan ketika sudah menjadi ‘trainee’ di Big Hit Entertainment pun, perjuangannya belum selesai. Karena tidak didukung keluarganya, Suga harus berjuang menafkahi hidupnya sendiri dengan bekerja menjadi pengantar koran.

Suatu hari ia pernah mengalami kecelakaan dan ditabrak mobil. Tapi, Suga malah diam-diam saja dan tidak memberi tahu siapapun karena takut dikeluarkan dari agensinya. Wah kalau melihat sosok Suga saat ini, kamu pasti enggak akan menyangka kan betapa sulitnya perjuangan Suga meraih mimpinya.

2. Asal muasal nama ‘Suga’

Kabarnya nama Suga diambil dari senyum dan warna kulitnya yang manis seperti gula (Foto: Instagram/@bts.bighitofficial)

Kok dari Min Yoongi bisa berubah menjadi Suga? Nah ada beberapa cerita di balik nama Suga ini lho. Katanya sih nama ini diberikan oleh PD nya Big Hit yaitu Bang Si Hyuk. Menurutnya ketika Suga tersenyum ia terlihat manis seperti sugar (gula) makanya namanya diubah menjadi Suga. Ada juga yang bilang kalau nama ini berasal dari kulitnya yang putih dan mirip gula.

Selain itu, nama ini kabarnya berasal dari posisinya dalam tim basket. Posisinya dalam tim adalah sebagai shooting guard’. Nah ketika dipendekkan dan digabung kata ‘shooting guard’ ini menjadi nama Suga.

Meski begitu, ternyata nama panggungnya Min Yoongi ini bukan cuma Suga lho. Dia juga punya nama panggung lain bernama Agust D. Nama ini adalah nama panggungnya ketika dibalik yaitu DT Suga. DT sendiri adalah kependekan dari Daegu Town yaitu kota kelahirannya Suga. Kalau kamu lebih pilih mana? Suga atau Agust D?

3. Ditipu agensinya

Suga yang tadinya hanya ingin menjadi produser malah 'ditipu' menjadi 'idol' (Foto: Twitter@fistbump_suga)

Ada cerita lucu nih di awal masuknya Suga ke Big Hit Entertainment. Tadinya Suga masuk ke agensi ini untuk menjadi produser saja. Jadi dia ingin kerja di balik layar dan membuat lagu saja. Akan tetapi, CEO Big Hit Entertainment merayu Suga untuk bergabung ke dalam sebuah grup. Katanya sih grup ini akan menjadi grup hip hop yang fokus pada lagu-lagu rap.

Seiring dengan berjalannya waktu, ia terbukti ‘ditipu’ oleh agensinya sendiri. Ia malah dijadikan ‘idol’ bersama dengan grupnya BTS yang berisi tiga rapper dan empat vokalis. Dan seperti yang kamu tahu BTS punya koreografi yang sulit dan ribet. Memang sih Suga tetap ngerap di BTS, tapi sekarang jadinya dia harus menari juga deh.

Baca juga:

Idola Korea Yang Selesaikan Wajib Militer Agustus Hingga Desember 2020

4. Pernah dituntut oleh salah seorang penggemarmya

Pernah dituntun penggemar (Foto: Instagam/@bts.bighitofficial)

Dituntut? Memangnya apa yang Suga lakukan? Tenang tenang, Suga dituntut penggemarnya bukan karena ia melakukan kejahatan kok. Jadi waktu itu ketika sedang mengadakan sebuah fan meeting, tiba-tiba ada seorang penggemar yang berteriak dan memanggil nama Yoongi.

Fans tersebut mengatakan bahwa Yoongi adalah dangerous man yang sudah membuat hidupnya menjadi susah. Lucunya lagi, fans tersebut mengatakan bahwa ia akan menuntut Suga karena sudah ‘menyakiti’ dirinya. Suga hanya tersenyum malu-malu menanggapi tuntutan fans tersebut.

Tidak sampai disitu ceritanya. Ternyata, akhirnya fans legendaris tersebut menikah dan meminta maaf kepada Suga karena tidak menjaga jari manisnya untuk Suga. Ketika Suga menawarkan untuk datang ke pernikahan fans tersebut, sang penggemar menolaknya dengan alasan takut jika bertemu Suga di pernikahannya ia akan menyesal telah menikahi suaminya. Ada-ada saja ya.


5. Bank lagunya BTS

Suga banyak membuat lagu untuk BTS dan berkolaborasi dengan musisi lain (Foto: Twitter/@BTS_twt)

Bersama dengan dua anggota ‘rapper’ lain, RM dan Jhope, nama Suga pasti selalu ada dalam hampir semua diskografinya BTS. Entah menjadi produser, penulis lagu, komposer, atau pembuat lagu-lagunya BTS.

Sampai saat ini, sudah ada lebih dari 90 lagunya yang terdaftar di ‘Korea Copyright Music Association’. Bahkan ia juga sudah terdaftar sebagai anggota tetap di KOMCA pada awal 2018 kemarin.

Selain membuat lagu untuk BTS, Suga juga memproduseri beberapa lagu untuk artis lain lho, seperti lagu Winenya Suran ft Changmo, We Don’t Talk Together Heize, dan beberapa lagu lain. Ia juga berkolaborasi dengan musisi Hollywood seperti Halsey dalam lagu SUGA’s Interlude. Kabarnya juga nih ia akan bekerjasama dengan Logic.

Nah itu dia beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang seorang Suga. Selamat ulang tahun Suga. Semoga selalu berkarya memajukan industri musik ya!

Baca juga:

Big Hit Entertainment Geser YG Entertainment dari Tiga Besar


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH