Hanya Segelintir ASN yang Bisa Kerja dari Rumah Aparatur Sipil Negara (ASN). Foto: MP

Merahputih.com - Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara Rudianto Suwarwono menegaskan tidak semua aparatur sipil negara (ASN) bisa bekerja fleksibel dari rumah dengan jam yang fleksibel juga.

"Tidak semua bisa seperti itu, hanya pekerjaan-pekerjaan tertentu yang bisa dikerjakan secara fleksibel," ujar Rudianto Suwarwono saat diskusi 'Meracik Pegawai Negeri Super' di Jakarta, Sabtu (7/12).

Baca Juga:

Teror Bom di Polrestabes Medan Bukti Suburnya Paham Radikalisme di Indonesia

Selain untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu saja, ASN yang bekerja dengan tempat dan waktu fleksibel pun bagi mereka yang memiliki kapasitas dan kualitas yang terukur.

Sedangkan untuk pekerjaan serta pegawai yang bertugas untuk sektor pelayanan publik tetap harus menyelesaikan pekerjaannya seperti biasa di kantor pelayanan.

"Pekerjaan fleksibel itu hanya diberikan kepada orang yang menunjukkan kinerja yang baik, dan juga ada pengaturan serta indikator penilaian kinerja juga sebagai kontrol," jelas dia.

Diskusi Meracik Pegawai Negeri Super, di Jakarta, Sabtu, (07/12/2019) (ANTARA/Boyke Ledy Watra)

Konsep dari pengaturan fleksibilitas kerja ASN terbagi atas tiga model, yang pertama fleksibilitas tempat pekerjaan.

Kemudian model kedua yaitu fleksibilitas waktu pekerjaan, yaitu bukan terikat pada waktu jam kerja biasa dari pagi sampai sore hari.

Baca Juga:

'Kartu As' TNI AD Berantas Radikalisme dan Intoleransi di Jakarta

"Ketiga, adalah fleksibel tugas kerja, pekerjaan yang bisa dilakukan tidak hanya oleh satu orang pegawai. Fleksibilitas kerja ini semuanya perlu pengaturan sasaran kinerja yang terpadu," ujarnya. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH