Hanya dengan Melihat Foto Dapat Mengetahui Kecenderungan Orientasi Seksual Anda Sebuah kecerdasan buatan dapat membaca foto dan memprediksi orientasi seksual seseoorang. (Foto: pixabay)

BAYANGKAN hanya dengan melihat foto Anda, sebuah kecerdasan buatan yang terbaru dapat membaca orientasi seksual Anda. Apakah orientasi seksual Anda seperti kebanyakan atau pecinta sejenis? Kelak kecerdasan buatan itu akan digunakan untuk membaca pandangan politik seseorang.


Penelitian oleh Stanford University membuat kecerdasan buatan (artificial intellegent – AI) dengan tingkat ketepatan 81% pada pria dan wanita sekitar 71%. Mesin ini mampu melebih manusia yang hanya memprediksi kecenderungan seksual itu sekitar 54% untuk wanita dan 61% pada pria.

Penelitian yang dituliskan oleh The Economist dan dimuat pada laman Mirror, menganalisa lebih dari 35 ribu foto dari 14 ribu orang. Foto-foto itu diambil dari website dating American. Orang-orang itu berasal dari berbagai kecenderungan orientasi seksual.

Foto-foto itu kemudian dimasukan ke dalam sistem yang kemudian mengkodekannya. Kecerdasan buatan itu kemudian akan membaca foto-foto baru yang belum pernah dibaca sebelumnya dan membaca orientasi seksualnya. Menurut para periset kecerdasan buatan itu membaca wajah sesuai dengan struktur yang ada. Bisa jadi karena bentukan hormon seperti testosteron yang terekam dalam foto responden.

Kecerdasan buatan ini membaca struktur wajah yang ada pada foto responden. Seperti bentuk dahi, hidung dan rahang. Dengan demikian dapat ditentukan orientasi seksual orang tersebut. (psr)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH