Kesehatan

Hanya dengan Konsumsi ini, Kamu Bisa Mengontrol Kadar Kolesterol Tubuh

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 27 September 2021
Hanya dengan Konsumsi ini, Kamu Bisa Mengontrol Kadar Kolesterol Tubuh
Makanan dan minuman yang perlu dikonsumsi untuk mengurangi risiko kolesterol. (Foto: Unsplash/Freestocks)

JIKA mendengar kata kolesterol, mungkin sebagian besar orang akan langsung memikirkan hal atau kondisi yang buruk. Nyatanya, kolesterol merupakan senyawa penting yang dibutuhkan tubuh. Senyawa ini dihasilkan oleh organ hati dan memiliki banyak fungsi penting. Seperti memproduksi hormon, vitamin D, dan zat penting lainnya yang diperlukan tubuh dalam mencerna makanan-makanan berlemak.

Sebenarnya, setiap manusia perlu memenuhi kebutuhan kolesterol secara cukup, agar tubuh dapat bekerja secara lebih efektif. Tetapi terkadang, makanan yang digoreng sulit untuk ditolak, sehingga menyebabkan kadar kolesterol pada tubuh menjadi berlebih.

Makan makanan berminyak secara berlebihan dapat menyebabkan rasa ketidaknyamanan. Jika diteruskan dalam jangka panjang, itu dapat menyebabkan kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan juga diabetes.

Baca juga:

Deretan Makanan yang Berkhasiat Menurunkan Kolesterol

Oleh karena itu penting untuk mulai mengubah pola makan dengan menghindari makan makanan berminyak. Namun ketika godaan untuk mengonsumsi makanan berminyak tak terhindarkan, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meminimalisir kadar kolesterol dalam tubuh, seperti yang dilansir dari laman India Times.

1. Minum air hangat

Hanya dengan Melakukan ini Kamu Bisa Kontrol Kadar Kolesterol Tubuh
Minum air hangat. (Foto: Unsplash/Zach Lezniewicz)

Setelah mengonsumsi makanan berminyak, minumlah air putih hangat setelah 30 sampai 45 menit. Selain bermanfaat untuk menghidrasi tubuh, air juga berfungsi menjadi pembawa nutrisi baik sekaligus membuang racun atau kandungan berlebih pada tubuh.

Dengan minum air putih hangat, tubuh dipermudah untuk mensirkulasi darah. Sehingga ini dapat melancarkan buang air kecil dan mengeluarkan zat-zat berlebih dan berbahaya.

Selain itu, air hangat dapat membantu tubuh untuk memecah nutrisi sehingga menjadi lebih mudah untuk dicerna. Hal ini akan membuatmu merasa lebih nyaman.

Baca juga:

Tips Mudah dan Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi

2. Konsumsi makanan yang mengandung probiotik

Hanya dengan Melakukan ini, Kamu Bisa Mengontrol Kadar Kolesterol Tubuh
Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik cara yang ampuh. (Foto: Unsplash/Sara Cervera)

Makanan yang mengandung probiotik dapat dengan mudah ditemukan saat ini. Olahan susu seperti yogurt, keju, susu kedelai dapat menjadi salah satu produk yang dapat kamu konsumsi, setelah 20 hingga 25 menit kamu mengkonsumsi makanan berminyak. Makanan yang mengandung probiotik dapat membantu memecah asam empedu sehingga menyebabkan penurunan penyerapan kolesterol di usus.

3. Mengonsumsi buah-buahan

Hanya dengan Melakukan ini, Kamu Bisa Mengontrol Kadar Kolesterol Tubuh
Mengkonsumsi buah yang kaya serat. (Foto: Unsplash/Matheus Cenali)

Buah-buahan menjadi salah satu jenis makanan yang dinilai dapat menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi buah-buah yang kaya akan serat dinilai mampu mengikat asam empedu sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol dalam darah.

Buah pisang, apel, alpukat, dan jambu biji menjadi beberapa jenis buah yang dikenal memiliki kandungan serat tinggi. Kamu bisa memberikan jeda sekitar satu jam untuk mengkonsumsi buah-buahan, setelah makan makanan berminyak. (cit)

Baca juga:

Gejala Kolesterol Tinggi yang Jarang Diketahui

#Kesehatan #Info Kesehatan #Tips Kesehatan #Kolesterol Tinggi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan