K-Pop

Hanya Butuh 12 Jam, Penjualan Album Rose BLACKPINK Pecahkan Rekor

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 05 Maret 2021
Hanya Butuh 12 Jam, Penjualan Album Rose BLACKPINK Pecahkan Rekor
Rose cetak rekor baru untuk penjualan pre-order terbanyak hanya dalam waktu 12 jam. (Foto YG Entertainment)

ROSE BLACKPINK baru saja memecahkan rekor impresif untuk penjualan album solo perdananya. Hanya dalam waktu 12 jam sejak pengumuman perilisannya, bintang berusia 24 tahun itu berhasil menjadi artis perempuan pertama dengan pesanan album pre-oder internasional terbanyak.

Sebenarnya tidak terlalu mengejutkan sebab sudah dua setengah tahun sejak YG Entertainment mengumumkan bahwa keempat personel BLACKPINK akan mempunyai proyek sololnya masing-masing. Namun sejauh ini, baru Jennie saja yang meluncurkan lagu pribadinya bertajuk 'SOLO' pada November 2018 lalu. Baru kemudian berselang dua tahun kemudian, pihak agensi akhirnya mengonfirmasi bahwa debut solo Rose akan segera tiba. Akhirnya, momen yang ditunggu-ditunggu Blink datang juga.

BACA JUGA:

Tiga Hal Gila yang Dilakukan Irene Red Velvet saat Menjadi Trainee

Di awal bulan, terungkap bahwa album 'single' Rose berjudul '-R-' akan dirilis pada 12 Maret 2021. Kabarnya, album ini akan berisi dua lagu. Lagu 'On the Ground' yang belum pernah dirilis akan menjadi lagu utama, sedangkan 'Gone' yang sempat dinyanyikan dalam konser virtual 'The Show' Januari lalu menjadi lagu 'B-side'.

rose
Single album pertama Rose bertajuk -R- akan diluncurkan pada 12 Maret 2021. (Foto YG Entertainment)

Meskipun hanya berisi dua lagu saja, hal ini tidak menyurutkan semangat fan untuk mendukung Rose. Hasilnya? Angka pemesanan yang fantastis. Melansir laman 'Koreaboo', kurang dari sehari sejak '-R-' resmi terdaftar untuk 'pre-order online', album tersebut telah terjual sebanyak 55.958 kopi di Ktown4u, salah satu toko K-Pop internasional paling populer.

Ada tiga versi untuk album ini dan ketiganya menduduki puncak tangga lagu harian Ktown4u. Versi standar seharga US$14,46 (Rp207 ribu) mencapai 33.106 penjualan. Sementara vinyl LP yang dihargai US$47,88 (Rp686 ribu) laku terjual 13.451 keping. Terakhir, album kit yang diberandol seharga US$20,02 (Rp287 ribu) sudah dipesan sebanyak 6.683 buah.

rose
Tiga versi album Rose laku terjual 55.958 kopi hanya dalam 24 jam. (Foto YG Entertainment)

Pencapaian tersebut menjadikan Rose artis perempuan dan musisi jebolan YG Entertainment pertama yang berhasil melampaui 50 ribu 'pre-order' di platform tersebut dalam waktu 24 jam. Bahkan ketika dibandingkan dengan album penuh pertama BLACKPINK, Rose masih menang. Pada 2020 lalu, 'The Album' hanya terjual sekitar 30 ribu kopi pada hari pertamanya.

Sejak tanggal perilisannya ditetapkan, Rose telah memberikan berbagai 'teaser' mengagumkan melalui foto-foto keren. Selain potretnya dari dekat dengan gaun berwarna ungu, poster lain menunjukkan vokalis utama itu berjalan dengan gaun merah di depan limusin yang terbakar. Kemudian dilengkapi dengan kepulan asap membara yang seolah-olah menggambarkan semangat Blink dalam menantikan proyek solo yang sudah ditunggu sejak lama ini. Gambar lainnya menampilkan foto 'close-up' Rose yang punya visual layaknya malaikat. Rambut pirang kecoklatannya dipadukan dengan anting besar di telinga kiri dan pakaian putih berbulu.

Lagu 'On the Ground' dan album '-R-' akan meluncur pada Jumat, 12 Maret 2021 pukul 12:00 WIB. Jadi jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikannya ya, Blink. (sam)

#K-Pop #Musik #Rose BLACKPINK
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan