Hanura Tegaskan Willem Wandik-Alus Uk di Pilkada Kabupaten Puncak

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 08 Maret 2018
Hanura Tegaskan Willem Wandik-Alus Uk di Pilkada Kabupaten Puncak
Sekjen Hanura Herry Lontung Siregar. (MP/Asropih Opih)

MerahPutih.com - Sekretaris Jenderal DPP Partai Hanura Herry Lontung Siregar menegaskan bahwa pihaknya mendukung pasangan Willem Wandik dan Alus Uk Murib sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Kabupaten Puncak, Provinsi Papua.

Herry menyatakan, pihaknya tak pernah memberikan rekomendasi kepada pasangan lain kecuali pasangan Mandik-Murid.

"Saya sudah katakan ini dan klarifikasi beberapa kali bahwa kami menyatakan dukungan kepada pasangan Willem Wandik dan Alus Uk Murib sejak awal pendaftaran dan tidak pernah berubah sampai saat ini," ujar Herry di Kantor DPP Hanura, The City Towor, Jakarta Pusat, Rabu (7/3) malam.

DPP Hanura, kata dia, sudah melakukan tiga kali klarifikasi hal ini kepada pihak pengawas. Bahwa, lanjut Herry, tidak ada dukungan ganda Partai Hanura di Pilkada Kabupaten Puncak.

"Karena Panwas di sana minta lebih lengkap dan jelas, maka kami nyatakan dukung pasangan Willem Wandik dan Alus Uk Murib dan tidak pernah dukungan pasangan lain," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Puncak Eranus Kiwak mengatakan bahwa pihaknya datang ke kantor DPP Hanura untuk melaksankan putusan Panwaslu Kabupaten Puncak terkait gugatan yang diajukan oleh pasangan Repinus Telenggen dan David Ongomang.

Sambung dia, salah satu isi putusan Panwaslu adalah perintah kepada KPU Kabupaten Puncak untuk mengkaji ulang dan mengklarifikasi kepada Partai Hanura dan PAN terkait dukungan di Pilkada.

"Kami datang ke Kantor Hanura didampingi KPU Provinsi Papua, sebelum ke Hanura, kami sudah ke KPU RI. Kami lakukan klarifikasi dan minta penjelasan ke Partai Hanura (terkait dukungan di Pilkada Puncak) supaya beda pemahaman dihilangkan. Banyak tahapan yang tunda karena putusan Panwaslu ini," tutur Eranus.

Menurut Eranus, apa yang disampaikan Sekjen Partai Hanura terkait dukungan ke pasangan Willem Wandik dan Alus Uk Murib akan ditetapkan dalam rapat pleno di Kabupaten Puncak. Kemudian, pihaknya juga akan melakukan klarifikasi ke DPP PAN terkait dukungan tersebut.

"Dari Partai Hanura tadi sudah jelas dukungan. Besok kami akan lanjut ke DPP PAN untuk klarifikasi dukungan mereka (apakah ke Wandik-Murib atau ke Repinus Telenggen dan David Ongomang)," ungkapnya.

Kemudian di lokasi yang sama, calon Bupati Willem Wandik mengapresiasi langkah KPU Kabupaten Puncak dan menyampaikan terima kasih kepada DPP Hanura.

Menurut dia, sebenarnya dari awal sebanyak sepuluh partai sudah menyatakan dukungan kepada dirinya dalam Pilkada Kabupaten Puncak.

"Ada sembilan partai yang sudah fix dukung kita dari awal, yakni PDIP, Golkar, Gerindra, Hanura, PKB, Demokrat, Nasdem, PKS dan PKPI. PAN juga dulu awalnya ke kita, tetapi karena politik, pasti ada dinamikanya. Namun, secara administrasi PAN ada ke kita," pungkasnya. (Asp)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Hanura Deklarasi Wiranto Cawapres, Pengamat: Gak Ada Untungnya

#Hanura #Pilkada 2018
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan