Hanura Bergabung dengan Sejumlah Partai Baru Gagal Lolos ke Parlemen Ilustrasi partai politik peserta Pemilu 2019 (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

MerahPutih.Com - Beberapa lembaga survei yang telah terakreditasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan quick count atau penghitungan cepat terkait partai politik yang bakal lolos ke Senayan. Salah satunya Survei Indokator Politik Indonesia (Indikator).

Berdasarkan catatan suara yang masuk di lembaga Indikator 84 persen, PDI Perjuangan masih di posisi atas partai politik yang di pilih para pencoblos di Pemilu 2019 dengan meraih 19,12 persen, disusul Gerindra sebesar 12,84 persen.

Hanura menjadi partai lama yang gagal masuk ke parlemen
Partai Hanura menjadi satu-satunya partai lama yang gagal lolos ke parlemen dalam Pemilu 2019 (Foto: ist)

Kemudian diperingkat ketiga Partai Golkar dengan memperoleh suara 11,96 persen, suara 10,14 diraih oleh PKB diurutan keempat, setelah itu kelima Partai Nasdem 9,06 persen.

Lanjutnya pada tingkat keenam ada PKS dengan suara 8,26 persen, dan ketujuh ada partai Demokrat perolehan suara 7,65 persen, PAN dengan meraih 6,57 persen diperingkat delapan, posisi kesembilan ada PPP mendapatkan suara 4,51 persen.

Setelah itu diposisi kesepuluh ada Partai Perindo 2,66 persen, dan kesebelas ada Berkarya dengan perolehan 2,05 persen, disusul diperingkat duabelas PSI dengan suara 1,89 persen, tiga belas ada Hanura 1,61 persen, selanjutnya peringkat empatbelas ada PBB dengan perolehan 0,92.

Kemudian peringkat kelimabelas ada Partai Garuda dengab suara 0,51 persen, dan diposisi bontot ada PKPI 0,25 persen. Hanura menjadi salah satu partai lama yang gagal masuk ke Senayan lantaran tidak memenuhi ambang batas parlmen.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH