Hanung Bramantyo Ungkap Kesulitan Garap 'Satria Dewa: Gatotkaca'

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Rabu, 23 Februari 2022
Hanung Bramantyo Ungkap Kesulitan Garap 'Satria Dewa: Gatotkaca'
Film Satria Dewa Gatotkaca. (Foto: Youtube/Satria Dewa Studio)

SUDAH nonton teaser perdana film Satria Dewa: Gatotkaca? Film ini juga menghadirkan visual yang apik layaknya film-film internasional. Sang sutradara, Hanung Bramantyo pun mengungkap kesulitan yang dihadapi tim produksi.

Dalam menyajikan visual yang modern, Hanung mengatakan pihaknya banyak menggunakan computer generated imagery (CGI) dan visual effect yang dikerjakan secara serius dan intens. Seluruh visual effect dalam Satria Dewa: Gatotkaca dikerjakan oleh Lumine Studio yang sebelumnya berpengalaman mengerjakan film-film animasi berskala internasional.

"Lebih dari 500 titik dalam film harus dikerjakan lewat proses CGI yang makan waktu panjang. Belum lagi bagian pertempuran seru yang harus dibuat dengan detail agar penonton bisa menikmati serunya cerita dari film Satria Dewa: Gatotkaca," kata Hanung, mengutip laman ANTARA Rabu (23/2).

Baca juga:

Hanung Bramantyo Tunda Perilisan Film Kartini Tahun Depan

Sementara itu sang produser, Celerina Judisari mengungkap kesulitan yang dihadapi tim saat syuting di tengah pandemi. Proses syuting film melibatkan kru besar yang berangkat ke luar kota di tengah pandemi. Meski menghadapi kesulitan, ia merasa bersyukur sebab tidak ada satu pun kru yang terinfeksi COVID-19 selama 35 hari produksi berkat penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Kesulitan yang dialami disebabkan adanya berbagai penyesuaian kreatif di lapangan akibat proses persiapan yang banyak dilakukan melalui daring dan adanya keterbatasan lokasi akibat pandemi," ujarnya.

Baca juga:

Hanung Bramantyo Ungkap Alasan Jadi Produser di Film 'Just Mom'

Hanung Bramantyo Ungkap Kesulitan Garap 'Satria Dewa: Gatotkaca'
Hanung Bramantyo berperan sebagai sutradara. (Foto: Instagram/hanungbramantyo)

Beberapa adegan aksi juga memerlukan waktu syuting yang lebih panjang. Untungnya, tantangan dapat teratasi karena koordinasi di lapangan yang baik dan adanya keinginan besar pemain dan kru untuk memberikan hasil yang maksimal.

Satria Dewa: Gatotkaca awalnya tayang di bioskop akhir 2021, tapi diundur hingga Juni 2022. Vice President Operation Satria Dewa Studio, Mochtar Sarman, mengatakan saat ini post-produksi film tersebut hampir selesai dan telah menetapkan tanggal tayang.

Selain merilis trailer, rumah produksi juga mengumumkan Satria Dewa Semesta, semesta yang menaungi film, serial, animasi, bahkan sampai ke produk lainnya yang berkaitan dengan Satria Dewa. Satria Dewa Semesta salah satunya akan menghadirkan film Satria Dewa: Arjuna dan menetapkan Omar Daniel sebagai pemeran utama. (and)

Baca juga:

Hanung: Film "Kartini Diangkat dari Cerita Sebenarnya

Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan