Hanna Ramadini Gantikan Gregoria di Tim Uber Merah-Putih Hanna Ramadini gantikan Gregoria Mariska lantaran terserang penyakit demam berdarah. (Foto: PBSI)

MerahPutih Bulu Tangkis - Kabar kurang sedap menerpa tim inti untuk Kualifikasi Piala Uber 2016 di Hyderabad, India, 15-21 Februari mendatang. Pebulutangkis putri, Gregoria Mariska, terpaksa ditepikan dari daftar karena terserang penyakit demam berdarah.

Hal tersebut, membuat PP PBSI (Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia) tak mungkin mendaftarkannya. Apalagi, atlet kelahiran Wonogiri tersebut perlu proses penyembuhan yang tidak sebentar.

Setelah mencoret Gregoria, PBSI selanjutnya menunjuk Hanna Ramadini. Pebulutangkis asal klub Mutiara Cardinal Bandung ini akan bergabung dengan rekan-rekannya di Pelatnas, seperti Maria Febe, Linda Weni dan Fitriani.

Hanna dipanggil karena memiliki prestasi di kancah internasional. Pada SEA Games 2015 di Singapura, Hanna menyumbangkan medali perak untuk Merah-Putih di tunggal putri.

Menurut Komandan Kontingen (CdM) Indonesia untuk Kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2016, Achmad Budiharto, pihaknya tak mungkin menunggu Gregoria sampai sembuh total karena bakal berpengaruh pada persiapan tim.

"Gergoria tidak dapat menjadi bagian tim inti karena dia terserang demam berdarah dan takutnya proses recovery-nya agak lama. Jadi tidak sempat untuk persiapan ke Kualifikasi Piala Thomas dan Uber," kata Achmad Budiharto, kepada para wartawan, Senin (25/1).

Komandan Kontingen (CdM) Indonesia untuk Kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2016, Achmad Budiharto, mengatakan pergantian nama dari Gregoria ke Hanna tak akan memiliki dampak serius pada tim. Menurut Budiharto, kualitas kedua pemain tersebut tak berbeda jauh.

"Prestasi Gregoria memang akhir-akhir ini lebih baik dari Hanna, namun kiprah Hanna di Malaysia Masters 2016 juga cukup baik. Selain itu, jam terbang Hanna di team event juga lebih banyak. Saya rasa perubahan ini tidak akan membawa dampak pada performa tim Uber," tuturnya.

Sementara itu di tim Piala Thomas, nama Ihsan Maulana Mustofa tetap dipertahankan dalam skuad inti meski sempat mengalami cedera pada lutut kanan. Cedera itu didapat usai mengikuti kejuaraan Indonesian Masters 2015. Masalah juga membuat atlet asal klub PB Djarum tersebut tak bisa ambil bagian di Kejurnas PBSI 2015.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, Ihsan dinyatakan bisa ikut bertanding di Kualifikasi Piala Thomas. Jadi kami memutuskan untuk tetap mempertahankan Ihsan di dalam tim. Peran Ihsan di tim juga saat ini belum bisa digantikan oleh pemain tunggal putra pelatnas yang lain," ungkap Kepala Pelatih Tunggal Putra PBSI,  Hendry Saputra. (esa)

Susunan tim inti Kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2016:

Tim Piala Thomas

Tunggal Putra
1. Tommy Sugiarto
2. Ihsan Maulana Mustofa
3. Anthony Sinisuka Ginting
4. Jonatan Christie

Ganda Putra
1. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan
2. Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi
3. Rian Agung Saputro/Berry Angriawan

Tim Piala Uber

Tunggal Putri
1. Maria Febe Kusumastuti
2. Linda Wenifanetri
3. Fitriani
4. Hanna Ramadini

Ganda Putri
1. Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari
2. Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani
3. Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari

BACA JUGA:

  1. Tatap Olimpiade 2016, Maria Londa Terkendala Fasilitas Latihan
  2. Hormati Perayaan Idul Adha, PON XIX/2016 Jabar Diundur
  3. PON 2016, Tim Sepak Bola Jabar Jalani Latihan Fisik
  4. Permintaan Aher Pada KONI Jabar di PON 2016
  5. Jika DKI Menyerah, Sumsel Tak Siap Gelar AG 2018


Rendy Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH