Hangatkan Musim Hujanmu dengan Sambal Tumpang Khas Boyolali Sambal Tumpang khas Boyolali. (Foto: instagram@banususanto)

CUACA dingin di awal tahun sangat nikmat kiranya jika melewatinya sembari mengkonsumsi makanan lezat nan hangat dan pedas. Di Indonesia sendiri bayak pilihan makanan yang bisa kamu konsumsi saat-saat seperti ini, salah satunya Sambal Tumpang.

Makanan khas Boyolali berbahan dasar tempe bosok atau busuk ini memiliki rasa yang sangit. Namun, rasa sangit itu bisa berubah menjadi sangat nikmat setelah diolah dengan bumbu-bumbu khas dan menjadikannya Sambal Tumpang.

1. Cocok dikonsumsi pagi hari

Sambal Tumpang khas Boyolali. (Instagram/@jun_soeprapto)
Sambal Tumpang khas Boyolali. (Foto: instagram@jun_soeprapto)

Sambal Tumpang nan pedas nikmat ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca dingin atau pagi hari. Apalagi menikmati sambal ini dengan suguhan nasi hangat. Pasti suasana pagi kamu begitu nikmat bukan.

Makanan khas Boyolali ini sangat cocok disandingkan dengan lauk apa saja. Namun, lauk yang paling nikmat disandingkan dengan Sambal Tumpang adalah telur, tempe, bakwan, rambak, kerupuk, dan daging ayam.

2. Bahan-Bahan untuk membuat Sambal Tumpang

tempe
tempe merupakan bahan sambal tumpang khas Boyolali. (Foto: iinstagram@tempeiboeningsih)

Untuk membuat satu mangkok besar Sambal Tumpang kamu perlu menyiapkan setengah papan tempe plastik yang sudah busuk, tiga buah tempe daun yang masih segar, dan sepuluh tahu putih untuk bahan pokok pembuatan sambal.

Untuk bumbu sendiri, semangkok Sambal Tumpang kamu harus menyiapkan, 7 butir bawang merah, 5 butir bawang putih, 10 cabe merah keriting, 7 cabe rawit merah, 4 buah kemiri, 5 ebi kering, dan 4 cm kencur.

3. Cara mengolah Sambal Tumpang

Sambal Tumpang khas Boyolali. (Instagram/@jun_soeprapto)
Sambal Tumpang khas Boyolali. (Foto: instagram@jun_soeprapto)

Setelah semua bahan terkumpul, kamu bisa menghaluskan tempe bosok dan tempe daun. Untuk tahu putih kamu cukup membelah dua membentuk segitiga saja. Setelah bahan pokok pembuat sambal tumpang siap, sekarang saatnya meracai bumbu.

Gabung semua bumbu yang telah disiapkan kemudian direbus sejeknak. Setelah cukup kiranya, saatnya untuk menumbuknya menjadi halus dan gabungkan dengan bahan pokok tadi. Jika ingin rasanya makin nikmat tambahkan 4 lbr daun salam, 4 lebar daun jeruk, 5 cm lengkuas, 2 sendok teh garam, 1 sendok makan gula pasir, 1 santan kara segitiga, dan Penyedap rasa jika dibutuhkan. (*)

Baca Juga: Tempat-tempat Makan Terbaik di Boyolali, Penggemar Soto Mesti Mampir Nih

Kredit : zaimul

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH