Kuliner

Hangat Nikmat Sup Ikan ala Bali

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 05 Januari 2020
Hangat Nikmat Sup Ikan ala Bali
Sajian ikan goreng dan sup ikan nikmat hadir di seputaran Denpasar. (Foto: MP/Dwi Astarini)

MASIH berpikir mencari makanan halal di Bali susah? Kamu salah besar.

Meskipun bukan daerah mayoritas muslim, Bali, khususnya Kota Denpasar, menyajikan banyak tempat makan halal yang bisa kamu nikmati. Pilihannya mulai dari sajian ayam betutu, nasi ayam, hingga menu ikan dan boga bahari yang nikmat.

Jika kamu bosan dengan ayam, saatnya mencoba kuliner ikan goreng dan sup kepala ikan yang maknyus banget. Harganya juga enggak menguras kantong. Rata-rata, sajian lengkap ikan goreng dan sup ikan dihargai Rp 45 ribu-Rp 55 ribu per porsi. Enak dan kenyang.

BACA JUGA: Kenapa Makanan Mewah Sering Dihidangkan dalam Porsi Kecil? Ini Jawabannya

Berikut Merahputih.com rekomedasikan tiga tempat makan ikan goreng dan sup kepala ikan di seputaran Denpasar.

1. Warung Mak Beng

warung mak beng
Menu nikmat Warung Mak Beng. (Foto: Instagram @yuskar.darwy)

Didirikan sejak 1940, Warung Mak Beng konsisten menyajikan ikan goreng dan sup ikan yang sedap. Lokasi warungnya tak jauh dari pantai Sanur, tepatnya di Jalan Hang Tuah Nomor 45, Sanur, Bali.

Hanya ada satu menu yang disajikan di warung makan ini, yakni paket ikan goreng, nasi, lengkap dengan sup ikan. Ikan laut yang disajikan tak sembarangan. Warung Mak Beng hanya menggunakan ikan kakap merah, tengiri, dan cakalang. Pasalnya, ikan tersebut memiliki tekstur yang padat, sehingga tidak mudah hancur ketika dimasak. Bagian tengah ikan diolah dengan cara digoreng, potongan kepala, sirip dan ekor diolah menjadi sup ikan. Potongan ikan goreng yang disajikan cukup besar, sperti steak, dengan duri yang besar. Citara supnya juga khas dengan racikan bumbu Bali. Meskipun demikian, rasa kuah supnya ringan dan segar dengan tambahan potongan mentimun dan belimbing.

Sebagai teman makan, kamu bisa memesan es temulawak yang legendaris. Rasanya manis-asam dengan sedikit sentuhan soda. Segar banget. Karena warung ini tak begitu luas, siap-siap mengantre saat akan makan di sini. Enggak cuma itu, saat makan pun kamu enggak boleh berlama-lama, karena sudah banyak yang menanti kursi untuk bisa mencicipi legendarisnya ikan goreng dan sup ikan Mak Beng.


2. Warung Pak Ada

warung pak ada
Makin nikmat makan ditemani semilir angin pantai di Warung Pak Ada. (Foto: Instagram @gsprotam)

Meja kayu besar dengan angin semilir pantai menjadi pelengkap kenikmatan makan di Warung Pak Ada. Selain itu, warung ini juga lebih luas dengan sirkulasi udara yang memadai. Pepohonan rimbun dan embusan angin pantai membuat acara makan lebih nikmat.

Terletak tak jauh dari Pantai Matahari Terbit, Warung Pak Ada menyajikan paket ikan goreng dan sup ikan yang tak kalah nikmat. Ikannya digoreng kering renyah, disajikan dengan nasi putih dan sup ikan.

Sup ikan di Warung Pak Ada dibuat dengan potongan kepala dengan citarasa bumbu Bali dan rasa gurih khas ikan. Beberapa potong mentimun juga melengkapi sup ikan agar terasa lebih segar. Sebagai minumnya, kamu bisa memesan es daluman yang segar. Daluman ialah cincau hijau yang disajikan dengan santan dan gula merah cair. Segarnya kebangetan deh.


3. Warung Be Sanur

warung be sanur
Sajian ramah di Warung Be Sanur. (Foto: MP/Dwi Astarini)

Biarpun namanya Warung Be Sanur, tempat makan satu ini terletak di Jalan Tantular 99, Renon. Meskipun terlihat kecil dan nyempil dari jalanan, warung yang berdiri sejak 2007 ini punya lahan parkir yang luas di bagian belakang. Area makan pun luas, sejuk, dan bersih. Selain itu, pelayanannya pun ramah dan sigap.

warung be sanur
Sup ikan dengan bumbu khas Bali. (Foto: MP/Dwi Astarini)

Saat akan memesan makanan, kamu akan disajikan lembaran menu yang berisi menu paket, yakni nasi, ikan goreng, dan sup ikan. Potongan ikan yang disajikan cukup besar dengan sambal terasi di sisinya lengkap dengan potongan jeruk. Meskipun ikannya tak terlalu garing, cocolan sambal terasi membuatnya terasa amat nikmat. Yang tak kalah enak, sup ikan yang berisi potongan ikan yang cukup 'murah hati'. Bumbu sup ikan ialah bumbu khas Bali yang kental dengan aroma jahe dan kencur. Potongan mentimun yang dimasak dalam sup tak serta-merta jadi lembek, malah teksturnya masih renyah. Segar sekali dimakan bersama ikan dan kuah sup.

es daluman
Es daluman segar menutup makan yang nikmat. (Foto: MP/Dwi Astarini)

Untuk minuman, Warung Be Sanur menyediakan pilihan yang beragam, mulai dari es daluman, kelapa jeruk, hingga aneka macam es teler. Pastinya semua segar dinikmati setelah menyantap ikan bersambal pedas yang nikmat.

Pastikan kamu mampir untuk menikmati sajian ikan goreng dan sup ikan saat berada di Bali. (dwi)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan