Jadi Videografer Andal dengan Mengikuti 6 Tips Ini Tips untuk membuat video bagi para pemula. (Foto: Premium Beat)

MEMPELAJARI videografi tak kalah seru dengan fotografi. Banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan membuat video sesuai dengan kreativitasmu, mulai dari teknik pengambilan gambar hingga gaya editing yang berbeda. Siapa sangka, profesi sebagai videografer cukup menjanjikan saat ini. Jika kamu fokus dan terus mengolah bakatmu di bidang ini, akan ada banyak orang yang memakai jasamu. Apalagi hasil videomu sudah dikenal banyak orang.

Membuat video yang bagi dan terlihat profesional tidak harus mengeluarkan biaya untuk membeli perlengkapan yang mahal. Cukup dengan menggunakan perlengkapanmu saat ini saja sudah cukup. Buat kamu para pemula, berikut lima tips dan trik agar hasil videomu menjadi lebih maksimal yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca juga:

Yuk, Mengenal Aplikasi Editing Video

1. Buat shot list

Handal Jadi Videografer dengan Mengikuti 6 Tips Ini
Buat shot list agar mempermudah saat pengambilan gambar. (Foto: Tech Smith)

Sebelum memulai membuat sebuah video, ada baiknya membuat shot list untuk mempermudah pengambilan gambar.

Beberapa shot list di antara lain seperti CU atau Close Up, MS atau Medium Shot, ES atau Establish Shot, BCU atau Big Close Up, dan berbagai teknik shot lainnya.

Shot yang kamu pilih juga harus didasari oleh alasan-alasan tertentu. Sebab, setiap shot akan mewakili makna dari sebuah video.

2. Atur pencahayaan

Handal Jadi Videografer dengan Mengikuti 6 Tips Ini
Cahaya sangat menentukan kualitas videomu. (Foto: Tubular Insights)

Sama halnya dengan fotografi, seni videografi adalah membuat video dengan pengaturan cahaya. Seorang videografer yang baik harus tau dari mana datangnya arah cahaya. Pastikan ketika mengambil gambar, sumber cahaya tidak membelakangi objek atau backlight.

Namun jika kamu memang ingin mengambil momen tertentu, tidak menjadi masalah. Kamu bisa menggunakan sumber cahaya alami, yakni sinar matahari. Kamu juga bisa menggunakan lampu khusus agar lebih luas untuk mengatur pencahayaan.

3. Gunakan manual fokus

Handal Jadi Videografer dengan Mengikuti 6 Tips Ini
Manual fokus pada kamera. (Foto: Kirkville)

Meskipun terdapat fitur fokus otomatis pada kamera yang sangat membantu, tidak menutup kemungkinan akan merusak videomu ketika dalam kondisi minim cahaya.

Gunakanlah manual fokus pada kamera sehingga kamu dapat menggunakan matamu untuk mengatur fokus sesuai kebutuhan. Mengatur fokus secara manual juga memungkinkan kamu untuk menambahkan efek-efek bagus ke dalam videomu.

Baca juga:

Mau Jadi 'Food Vlogger'? Mulai Saja Dulu!

4. Atur komposisi gambar

Handal Jadi Videografer dengan Mengikuti 6 Tips Ini
Gunakan rule of third. (Foto: Passion Passport)

Kamu harus memposisikan kameramu dengan baik agar tercipta gambar yang baik dan nyaman ketika dilihat. Coba bayangkan jika kamu menonton sebuah film dengan komposisi yang kurang baik seperti bagian kepala atas yang terpotong, gambar yang miring, dan komposisi buruk lainnya.

Pelajari teknik serta komposisi pengambilan gambar yang bagus dan menarik. Videografer yang baik tidak malas untuk berpindah-pindah tempat.

Untuk mendapatkan komposisi gambar yang bagus, ada baiknya kamu pelajari tentang angle serta rule of third. Dijamin, jika kamu memahami kedua teknik tersebut, maka hasil videomu akan memukau.

5. Memastikan kualitas audio

Handal Jadi Videografer dengan Mengikuti 6 Tips Ini
Mikrofon eksternal membuat kualitas audio menjadi lebih jernih. (Foto: shure)

Selain gambar, audio juga merupakan bagian penting ketika membuat video. Bayangkan bagaimana jadinya ketika memutar video tanpa ada suara. Pastikan suara yang kamu rekam terdengar baik dan jernih.

Kamu bisa menggunakan mikrofon eksternal yang bisa dibeli dibeberapa toko kamera. Mikrofon eksternal ini bisa membuat suara jauh dari noise dan terdengar lebih jelas. Videomu akan lebih bagus tentunya.

6. Pelajari teknik editing

Handal Jadi Videografer dengan Mengikuti 6 Tips Ini
Kamu bisa menggunakan beberapa software editing. (Foto: Adorama)

Ketika selesai mengambil semua footage video, kini saatnya masuk ke tahap editing. Semua footage dimasukkan ke dalam satu software editing lalu kemudian pilih footage terbaik yang akan dimasukkan ke dalalm videomu nantinya.

Banyak aplikasi editing video yang bisa kamu coba, mulai dari Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, Magix Vegas Pro, dan yang paling dasar adalah Windows Movie Maker. Jika kamu masih asing dengan software tersebut, kamu bisa mempelajarinya dari YouTube atau teman terdekatmu. Jangan lupa untuk mempraktikkannya ya! (And)

Baca juga:

5 Aplikasi Edit Foto dan Video Ala 'Selebgram' Kekinian yang Harus Kamu Punya


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH