Hand Sanitizer dan Tabir Surya Dapat Merusak Interior Mobilmu Interior mobil kamu bisa rusak gara-gara hand sanitizer dan tabir surya (Foto: Pexels/Mike Bird)

KEDUA produk ini berguna banget bagi kehidupan kita. Tabir surya dapat melindungi kulit dari sengatan matahari. Sementara hand sanitizer membuat kamu praktis saat harus membersihkan tangan.

Tapi bahan kimia pada kedua produk tersebut enggak bersahabat bagi interior mobil kamu. Menurut penelitian baru dari para insinyur Ford, bahan kimia dalam beberapa produk ini dapat menyebabkan kerusakan pada bahan interior. Demikian mengutip Express.

"Dari sanitiser tangan ke lotion tabir surya ke penolak serangga, tren konsumen terus berubah, dan produk-produk baru terus muncul di pasar," kata Mark Montgomery, insinyur material senior di Pusat Teknologi Bahan, Pusat Teknis Dunton, Inggris, untuk Ford Eropa

Kulit interior bisa pecah-pecah (Foto: Pexels/Tookapic)

Lotion tabir surya mengandung titanium oksida dalam jumlah yang lebih besar. Sehingga dapat bereaksi dengan plastik dan minyak alami yang ditemukan dalam kulit interior, terutama ketika panas. kulit interior bisa pecah-pecah jadinya.

Baca juga:

Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Menyewa Mobil Rental di Eropa

Tim Ford di Dunton dan Cologne, Jerman, menguji pada suhu mencapai 74° C suhu bagian dalam mobil yang diparkir di pantai. Cuacanya sangat panas saat itu.

Dalam tes lain, mereka mensimulasikan paparan sinar matahari yang diperpanjang. Dengan sample yang dipapar dengan sinar ultra violet. Hingga 1.152 jam (48 hari).

Tabir surya enggak bagus untuk interior mobil (Foto: Pexels/Moose Photos)

Mereka juga menguji kekuatan plastik pada suhu serendah -30 ° C ketika mereka menjadi yang paling rapuh. Dengan dilaporkan memantulkan bola karet untuk memastikannya enggak retak.

Berdasarkan temuan, konstitusi kimia lapisan pelindung dapat diformulasi ulang sehingga interior terlindungi. "Ada beberapa kasus pemakaian yang sangat tinggi di Turki dan kami berhasil melacaknya kembali ke etanol yang berpotensi menjadi faktor penyumbangnya," tukas Richard Kyle, insinyur bahan interior mobil. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH